Gus Ipul – Mas Adi Ikut Kerja Bakti, Usung Semangat Gotong Royong

760
SEMANGAT GOTONG ROYONG: Adi Wibowo bersama warga membersihkan area pemakaman Mbah Mangkuyudo, leluhur warga Jambangan Kecamatan Purworejo.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Di tengah karakter masyarakat yang semakin individualistis, semangat gotong royong mulai terkikis. Padahal, semangat itulah yang membuat masyarakat Indonesia, utamanya masyarakat Kota Pasuruan semakin kuat.

Nah, semangat gotong royong inilah yang ingin ditumbuhkan pasangan Gus Ipul – Mas Adi. Sebelumnya, Gus Ipul – Mas Adi sudah mengawali Blusukan ke kampung-kampung. Ikut mengecat musala dan kerja bakti bersama warga Jagalan pada Sabtu (18/10).

BERDOA: Usai kerja bakti bersama warga, Adi Wibowo berdoa di atas area pemakaman Mbah Mangkuyudo.

Dan hari ini atau Rabu (21/10), semangat gotong royong juga ditampakkan Mas Adi dengan membersihkan area Mbah Mangkuyudo. Makam Mangkuyudo merupakan leluhur warga Jambangan.

Kerja bakti bersama warga Jambangan, Kecamatan Purworejo ini berlangsung guyub. Warga ikut semangat membersihkan rumput. Ada juga yang membersihkan sisa sampah-sampah dan kemudian membuang sampah pada tempatnya.

BERSIHKAN MUSALA: Gus Ipul – Mas Adi ikut mengecat musala di wilayah Jagalan, Kandangsapi Kecamatan Panggungrejo.

“Budaya seperti ini harus terus dilestarikan. Ini menjadi aset budaya kita. Saya bangga sekali karena masyarakat tetap kompak menjaga aset budaya peninggalan sejarah,” jelas Adi usai kerja bakti bersama warga.

Kelestarian makam dan mengenang jasa leluhur harus menjadi warisan budaya yang baik untuk terus dijaga. “Kami senang bisa dikunjungi orang yang peduli dengan makam leluhur kami. Kami terima kasih. Apalagi calon pemimpin ini mau tangannya kotor dan membaur bersama warga,” kesan Sukardi, Ketua RT setempat.

KOMPAK: Semangat kerja bakti masyarakat ingin dibangkitkan kembali oleh pasangan calon Gus Ipul – Mas Adi.

Dengan kegiatan kerja bakti seperti ini, Adi berharap warga tetap kompak. Sekaligus perhatian terhadap lingkungannya sendiri-sendiri. “Kebersihan lingkungan tentu bukan saja tanggung jawab pemerintah, namun juga warga semua. Termasuk ikut melestarikan tempat bersejarah seperti di makam Mangkuyudo ini,” harapnya.

Sebelumnya, Gus Ipul -Mas Adi juga menunjukkan pengabdiannya bisa berbaur dengan warga. Cawali nomor urut 1 ini tak canggung-apalagi risih ikut kerja bakti masal Bersama warga Jagalan, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo.

Tidak hanya membantu membersihkan jalan masuk kampung di pinggir sungai Gembong, Gus Ipul juga masuk ke dalam gang menuju sebuah mushola yang sedang dilakukan pengecatan.

Tanpa diminta, Gus Ipul langsung meminta satu kaleng cat dan melakukan pengecatan tembok mushola. “Jika musala bersih dan indah, jamaah juga akan betah,” katanya dihadapan warga.
Menurut Gus Ipul, kerja bakti yang digelar warga Jagalan menunjukkan semangat gotong-royong masih sangat kuat di Kota Pasuruan.

“Ini bukti semangat gotong royong tumbuh sangat kuat. Ini harus dikembangkan agar Pasuruan lebih bersih dan nyaman serta mampu membawa kebahagiaan bagi semuanya,” kata mantan Wagub dua periode ini.

Selain kerja bakti, Gus Ipul dan Mas Adi juga menyempatkan diri menyapa warga dan blusukan ke dalam kampung.
Terpisah, Sulami, warga setempat merasa terkejut saat melihat paslon nomor urut 01 yang mau turun langsung dan ikut kerja bakti bersama masyarakat.

“Sangat baik dan merakyat. Ini adalah contoh-contoh pemimpin yang memiliki niat tulus untuk membawa Kota Pasuruan menuju perubahan. Saya pribadi salut melihat Gus Ipul-Mas Adi yang ternyata mau ikut mengecat musala,” ucap Sulami dengan nada bangga. (day/*)