Disambati Pedagang Pasar Besar, Mas Adi Dikawal Gubernur LIRA

1103
BLUSUKAN PASAR BESAR: Adi Wibowo membagikan masker dan hand sanitizer kepada para pedang dan pembeli di pasar besar Kota Pasuruan. Adi berpesan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan tetap semangat berdagang.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Hari masih pagi. Belum banyak pembeli yang lalu lalang masuk ke lorong-lorong pasar besar Kota Pasuruan. Namun, Sabtu (24/10) pagi sekira pukul 07.00 itu, para pedagang pasar dikejutkan kehadiran banyak rombongan.

Ya, rombongan itu mengawal Adi Wibowo, calon wakil walikota Pasuruan. Pakaian yang dikenakan Adi tampak berbeda dengan yang lain. Sesuai ciri khasnya, Adi Wibowo memakai baju putih bersongkok hitam dan celana gelap. Sehingga, dari kejauhan pun, para pedagang pasar bisa menerkanya. “Ayo Mas Adi. Monggo Mas,” ujar salah satu pedagang pasar.

BELI SAYUR-BUAH: Saat blusukan ke pasar besar, Adi Wibowo juga membeli sayur mayur, buah dan ikan dari para pedagang pasar.

Adi Wibowo pun menyambut uluran tangan mereka dengan ramah. Pria yang biasa dipanggil Mas Adi ini pun membagikan hand sainitizer dan masker kepada para pedagang. “Pak-Bu, monggo dipakai ya. Ini untuk menjaga kesehatan kita,” pinta Adi.

DIKAWAL GUBERNUR LIRA: Rosman Ariansyah (kanan) terlihat mendampingi Adi Wibowo saat blusukan di pasar besar Pasuruan.

Tidak hanya memberikan handsanitizer dan masker saja, Adi juga membeli beberapa barang dagangan milik pedagang. Seperti sayur, buah dan makan ringan. Buah yang dipilih Adi saat itu adalah buah mangga.

Selanjutnya, Adi pun menyempatkan dialog dengan para pedagang yang ditemui. Abdul Mujib, salah satu pedagang kelontong Pasar Besar mengeluhkan kondisi pasar besar saat ini. Menurut Mujib, suasana pasar besar di masa pandemic ini cukup sepi.

SAMBAT: Salah satu pedagang sempat wadul ke Adi Wibowo tentang kondisi pasar besar saat ini.

Apalagi ketika hujan. Banyak jalan di dalam pasar yang becek karena air tergenang. Atap plafon juga banyak yang bocor. “Sepi, Pak,” ujar Mujib yang terlihat sambat.

Mujib pun mengakui para pedagang merasa senang, karena ada calon kepala daerah yang mau blusukan ke pasar dan sempat belanja juga. Sehingga para pedagang dan pembeli pasar tidak segan untuk berinteraktif atau bahkan wadul akan keadaan pasar saat ini.

MENYAPA PEMBELI: Selain dialog dengan pedagang, Adi Wibowo juga menyapa para pembeli pasar besar Pasuruan, Sabtu pagi (24/10).

Adi Wibowo pun memahami kesulitan para pedagang pasar. Ia pun berusaha menyemangati para pedagang untuk terus bersabar dan bangkit dari keterpurukan.

“Blusukan pagi ini bisa kita maknai sebagai bentuk kepedulian serius terhadap pencegahan penyebaran virus Covid-19. Selain itu kita juga terus menyemangati para pedagang. Kita ingin sesuai dengan tagline kita, kesehatan pulih, ekonomi bangkit, pilkada menang” jelas Adi sembari menyebut tagline Golkar ke-56 dengan meyakinkan.

Yang lebih penting lagi, lanjut Adi, di beberapa pasar yang ia kunjungi, ia melihat kondisi pasar besar juga nyaris sama. Yakni, perlunya penataan bedak pasar secara massif. “Harus ditata ulang lagi supaya rapi. Supaya para pedagang merasa nyaman. Pembeli pun merasa senang,” tegasnya.

Dalam rombongan Adi Wibowo di pasar besar pagi tadi, juga tampak Gubernur LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Jawa Timur, Rosman Ariansyah.Rosman sendiri dikenal sebagai salah satu pengusaha kontraktor besar di Pasuruan. Selain LIRA, Rosman juga ditunjuk sebagai ketua HIPLINDO (Himpunan Pengusaha Lira Indonesia) Jawa Timur.

“Yang jelas saya tidak pernah turun di pilkada Kota Pasuruan. Ya, baru kali ini saya turun langsung,” ujar Rosman kepada wartabromo.com.

Apa alasannya? Rosman pun mengenaskan alasannya. “Ya karena Kota Pasuruan butuh sosok perubahan yang lebih bagus. Dan saya jatuhkan pilihan ke paslon No.1,” tukasnya.

Secara pribadi, lanjut Rosman, pihaknya melihat pilihan itu dengan akal sehat. “Cuma paslon yang mempunyai konsep yang jelas untuk membangun Kota Pasuruan. Disamping itu paslon memiliki latar belakang atau jam terbang yang mumpuni,” tegas Rosman.

Selain Rosman, pada momen sebelumnya, aktivis LSM Ayi Suhaya juga ikut mendampingi Gus Ipul saat menyapa warga. Ayi pun mengaku sudah memantapkan pilihan politiknya secara jelas.

Agenda Adi Wibowo dan rombongan kemudian ditutup dengan sarapan pagi. Kuliner yang dipilih Adi juga merakyat. Warung rawon legendaris milik (alm) Sariyo. Sarapan pagi itu didampingi langsung Ketua DPD Golkar HM Toyib, kader muda AMPG, tim pemenangan Gus Ipul-Mas Adi dan beberapa tim relawan. (day/*)