Pemkab Usulkan Hibah Rp 300 M Lebih, untuk Apa?

519

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mengusulkan anggaran hibah cukup besar di tahun depan. Tak tanggung-tanggung, angkanya mencapai Rp 323 miliar lebih.

Angka itu belum termasuk usulan program bantuan sosial (bansos). Pada pos ini, anggaran yang diajukan mencapai Rp 40, 6 miliar.

Kepastian besaran anggaran hibah-bansos itu terungkap dari nota pengantar keuangan RAPBD 2021 yang disampaikan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, pekan lalu.

Bupati Pasuruan, H.M. Irsyad Yusuf menguraikan di tahun depan anggaran belanja hibah sebesar Rp. 323.455.251.059. Sementara itu, belanja bantuan sosial (bansos) mencapai Rp. 40.686.341.998.

Belum ada penjelasan dari pihak Pemkab terkait peruntukan anggaran hibah-bansos itu. Termasuk, jumlah penerimanya.

Saat menanggapi pandangan fraksi atas pengantar nota keuangan yang disampaikannya, Bupati menyebut bila hibah-bansos tersebut termasuk diantaranya untuk BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) Madrasah Diniyah (Madin).

Selain itu, juga untuk pemberian beasiswa pelajar ke Tiongkok. Rinciannya, Rp 12 miliar untuk Madin dan Rp 1, 6 miliar untuk beasiswa Tiongkok.

Terpisah, Ketua Komisi IV Ruslan mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara detil peruntukan hibah-bansos yang melonjak dibanding tahun-tahun sebelumnya itu.

“Ini kan masih proses pembahasan. Kemungkinan itu termasuk yang berkaitan dengan Covid-19 juga. Nanti coba saya cek,” kata Ruslan yang mengaku tengah ada di luar kota.(oel/asd)