Beli Mobil Matik Seken? Jangan Terjebak Bodi Mulusnya, Cek Dulu Bagian ini

1533

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bagi sebagian orang, mengendarai mobil matik mungkin lebih nyaman dan mudah. Tak ayal, peminat mobil matik kian banyak.

Nah, untuk memiliki mobil matik bukan hanya membeli baru, tapi bisa juga beli seken. Meski bekas, jangan sampai memilih asal-asalan.

Mengutip CNN Indonesia, ketika akan membeli mobil bekas, jangan tergiur bodi mulus. Pastikan melakukan pengecekan pada bagian penting mobil dalam kondisi baik.
Lantas, apa saja yang harus dilakukan?

1. Periksa bodi bawah

Calon pembeli harus memeriksa bodi transmisi yang ada di bawah mobil. Pastikan seluruh permukaannya tak ada rembesan pelumas. Pasalnya, biaya perbaikan pada bagian tersebut cukup mahal. Daripada rugi, mending dicek dengan teliti ya.

2. Periksa kondisi pelumas

Selanjutnya, periksa transmisi melalui stik oli dan amati teksturnya. Transmisi yang baik, pelumasnya berwarna merah bening. Kalau mobil yang sedang dicek pelumas transmisinya warna hitam, apalagi ada aroma gosong, jangan dipilih.

3. Periksa perpindahan transmisi

Bagaimana caranya?
Cukup dengan memindahkan tuas ke setiap posisi. Misal, dari P ke R, lalu ke D. Nah, selama proses itu pastikan perpindahan tuas lancar tanpa ‘jeduk’.

Selain itu, perhatikan pula indikator transmisi pada layar speedometer. Pastikan setiap perpindahan transmisi sesuai dengan posisi tuas transmisi.

4. Lakukan ‘tes merayap’

Tes ini dilakukan dengan menyalakan mesin. Kemudian, pindahkan tuas transmisi ke posisi D atau R.

Setelah itu, lepas pedal rem secara perlahan. Jika mobil masih bergerak pelan ke depan atau ke belakang, artinya transmisi mobil bekas matik incaran berfungsi normal.

Siap dibungkus deh. (bel/ono)