Sah! Kiai Mutawakkil Ketua MUI Jatim

7298

Surabaya (Wartabromo.com) – KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah memimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur untuk periode 2020-2025. Ia terpilih sebagai ketua umum secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) MUI Jatim X pada Rabu, 23 Desember 2020.

Terpilihnya pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Probolinggo sesuai prediksi banyak pihak. Dukungan ulama sebelum musda juga terus mengalir kepada Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim itu. Ia menggantikan posisi KH Abdusshomad Buchori, yang telah memimpin MUI Jatim selama tiga periode terakhir.

“Kiai Mutawakkil terpilih secara aklamasi oleh peserta musda. Kami menilainya, beliau memang pantas memegang amanat tersebut,” kata Sekretaris umum MUI Kabupaten Probolinggo, KH Syihabuddin Sholeh, salah satu peserta Musda MUI Jatim.

Baca Juga :   MUI Probolinggo Minta Hotel Mawar Ditutup

Sebelum Musda, PWNU Jawa Timur meminta kepada Kiai Mutawakkil untuk bersedia menjadi calon ketua umum MUI Jatim. “Saya yang meminta khusus Kiai Mutawakkil agar berkenan jadi Ketua Umum MUI Jatim,” ungkap Rais Syuriyah PWNU Jatim, KH Anwar Manshur sebagaimana dilansir dari NU Online Jatim.

Ia menilai keberadaan MUI Jatim sangat strategis bagi harmoni kehidupan beragama dan berbangsa. Terlebih, MUI merupakan wadah berkumpulnya para ulama dan tokoh Islam. Saat ini, MUI Pusat dipimpin oleh ulama terbaik dari Jawa Timur.

“Sudah seharusnya MUI Jatim dalam satu komando dengan MUI Pusat, saya sudah berkomunikasi dengan semua ulama di Jatim, dan sepakat dengan sosok Kiai Mutawakkil memimpin MUI Jatim,” kata KH Agoes Ali Masyhuri. (saw/ono)