Nama Bupati Pasuruan Kembali Dicatut untuk Lakukan Penipuan

1370

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Nama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf kembali dicatut oknum penipu. Modusnya, membuat akun palsu di media sosial Facebook dengan nama Irsyad Yusuf.

Dalam sebuah tangkapan layar yang didapatkan WartaBromo, akun palsu bernama Irsyad Yusuf itu memakai foto bupati dan mem-posting tulisan seperti ini:

“Mudah-mudahan program yang saya adakan ini bisa membantu para warga saya bisa menjadi warga yang lebih maju. Semoga bermanfaat.-”

Kemudian di bawah tulisan itu, terunggah sebuah gambar dengan logo Sinarmas disertai tabel angsuran pinjaman dengan judul ‘Pinjaman Dana Dari Bantuan Pemerintah Peduli Covid-19’.

Tak sampai di situ, ternyata postingan akun palsu tersebut direspon oleh seseorang dan sempat melakukan percakapan dengan pengelola akun palsu itu melalui messenger.

Seseorang tersebut mengaku bernama Rianto satkoryon Puspo. Kepada akun palsu bupati, ia mengaku minat dan butuh uang Rp200 juta untuk pembuatan produksi pakan ternak sapi perah.

“Biar saya bisa buatkan proposal yang mana nantinya saya kirim kepada utusan saya sekaligus manager bank yank akan mengirim kepada bapak modal pinjamannya bapak,” balas akun palsu tersebut dalam messenger.

Terkait hal ini, dilansir dari situs pasuruankab.go.id, Bupati Pasuruan menegaskan bahwa itu akun palsu. Ia selama ini tidak pernah aktif bermain media sosial Facebook apalagi Messenger.

Bupati mengimbau kepada siapapun yang dihubungi akun palsu tersebut agar mengabaikannya, sekaligus berhati-hati dengan modus penipuan serupa yang mengatasnamakan dirinya.

Beberapa bulan yang lalu, nama Bupati Pasuruan juga pernah dicatut oknum tidak bertanggungjawab melakukan penipuan. Saat itu modusnya dengan mengirim surat yang seolah-olah dari bupati. Isinya permohonan dana untuk pengamanan pelaksanaan pilkada. (tof/asd)