Ayah dan Bunda, Yuk Hindari 5 Sikap Berikut Demi Masa Depan Cerah Buah Hati

454

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai orang tua tentu harus berhati-hati dalam bersikap di depan anak. Pasalnya, setiap watak hingga pola asuh yang diberikan dapat mempengaruhi masa depan buah hati.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik. Namun, ternyata mendidik dan membesarkan anak bukan hal mudah. Bahkan, kerap kali para orang tua bersikap buruk di depan buah hatinya.

Dinukil dari klikdokter.com, ada 5 sikap yang harus dihindari oleh para orang tua demi masa depan cerah sang buah hati. Apa saja? Simak, yuk!

1. Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Sebagai orang tua harus peka bahwa tidak ada anak yang suka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Namun, sayangnya tak banyak orang tua menyadari hal ini.

Kebanyakan orang tua berpikir bahwa dengan membandingkan hal positif orang lain kepada anak, maka anak bisa mencontoh. Ternyata, hal tersebut justru membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

2. Menilai Kemampuan Anak Berdasarkan Nilai

Semasa menempuh pendidikan, sebagian besar orang tua pasti akan menilai kemampuan anak berdasarkan nilai yang diperolehnya. Tanpa disadari, ternyata hal tersebut bukanlah pola asuh yang bijak.

Untuk itu, sebagai orang tua penting memahami bahwa ada banyak jenis kecerdasan yang bisa dilihat. Misalnya logika, linguistik, musik dan masih banyak lagi.

3. Membicarakan Keburukan Orang Lain

Khusus para ibu, baiknya hindari bergunjing atau membicarakan keburukan orang lain di depan anak. Pasalnya, hal ini mampu membuat anak memiliki persepsi negatif terhadap orang lain dalam pikirannya.

4. Bertengkar di Depan Anak

Konflik dengan pasangan pasti ada dalam setiap rumah tangga. Apabila hendak menyelesaikannya, baiknya jangan sampai buah hati tahu dan mendengarnya.

Sebagaimana ditunjukkan oleh sebuah Studi ilmiah, bahwa anak yang tumbuh di lingkungan rawan konflik, cenderung lebih sulit beradaptasi, sulit bekerja sama dan rentan mengalami depresi.

5. Memberikan Pujian Secara Berlebihan Kepada Anak

Sekalipun memberi pujian kepada anak adalah hal baik, ternyata jika dilakukan berlebihan mampu mengancam masa depan anak. Mengapa? Sebab anak akan sulit menerima kritikan dan mudah kecewa.

Untuk itu, sebagai orang tua harus paham dan peka terhadap kondisi psikis anak. Jangan meninggikan ego dan mengabaikan perasaan buah hati. (trj/may)