Angin Kencang Tumbangkan Pohon Tua di Jalur Senduro – Ranupani

625

Senduro (WartaBromo.com) – Sejumlah pohon di jalur menuju Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang tumbang, Rabu (13/1/2021). Usia pohon yang sudah tua hingga angin kencang disebut-sebut jadi penyebab peristiwa ini.

Kejadian tersebut diketahui warga yang akan beraktifitas di Pasar Senduro sekitar pukul 05.30 WIB. Peristiwa itu terjadi di jalur menuju Ranupani, tepatnya di Blok Ireng-ireng.

Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ranupani, Singgih mengatakan, bahwa pohon tumbang disebabkan karena usia pohon yang sudah tua dan cuaca ekstrim yang sedang melanda wilayah Ranupani dan sekitarnya.

“Kombinasi keduanya, pohon sudah tua dan hujan angin, pohon yang tua tersebut tumbang dan menimpa empat pohon lainnya,” ungkapnya saat dimintai konfirmasi.

Singgih menambahkan, tidak ada korban pada peristiwa ini. Namun Ia mengimbau pengguna jalur Ranupani – Senduro supaya lebih waspada. Sebab musim hujan ini juga disertai angin kencang dan jalanan licin.

Sementara itu, Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang menambahkan, pembersihan pohon tumbang ini memakan waktu hingga 2 jam. Pembersihan jalur sempat mengganggu aktivitas pengguna jalan. Meski demikian, tidak ada kerugian materiil dalam peristiwa ini. (rul/may)