Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

378

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai manusia sudah sepatutnya menyadari bahwa bukan hanya kesehatan fisik saja yang dijaga. Melainkan juga kesehatan mental, sebab mental memiliki peran besar dalam kehidupan.

Setiap orang memiliki mental yang sangat beragam. Hal tersebut bahkan mampu menunjukkan kemampuan diri seseorang dalam mengelola perasaan hingga menyelesaikan kesulitan sehari-hari.

Oleh sebab itu, kesehatan mental harus senantiasa dijaga agar hidup yang dijalani terasa ringan. Lantas, apakah ada tips untuk menjaga kesehatan mental? Tentu saja!

Dinukil dari halodoc.com, ada beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Tips ini bahkan akan membuat diri seseorang merasa lebih baik. Penasaran? Yuk, simak!

1. Mengatakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Sebuah penelitian menunjukkan, cara berpikir seseorang mampu memberikan efek pada kuatnya kejiwaan. Misalnya, ketika seseorang memandang dirinya negatif, maka efek negatif tersebut akan dirasakannya pula.

Untuk itu, mulai saat ini cobalah untuk mengatakan hal positif kepada diri sendiri. Misalnya, meyakini diri sanggup melakukan sesuatu yang sulit.

2. Menulis Hal-Hal Baik dan Mensyukurinya

Sejauh ini, manusia cenderung merasa kekurangan dalam hidupnya. Munculnya pemikiran yang serba kurang tersebut ternyata mampu membuat kondisi mental menjadi down.

Apabila ingin memiliki mental yang kuat, maka cobalah menuliskan hal-hal baik dan bersyukur mulai saat ini. Jangan melulu membandingkan kemampuan diri dengan orang lain.

3. Olahraga Teratur

Sebenarnya, kesehatan mental bisa dijaga dengan mudah hanya dengan olahraga. Pasalnya, dengan berolahraga maka otot-otot tubuh akan meregang dan lebih rileks.

Apalagi jika olahraga tersebut dilakukan pagi hari sebelum memulai aktifitas padat. Lakukan secara teratur dan rasakan perubahannya dalam diri sendiri.

4. Mengkonsumsi Makanan Enak dan Bergizi

Tak banyak orang sadar bahwa mengkonsumsi makanan enak dan bergizi bisa menyehatkan otak. Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang mampu meningkatkan serotin.

Serta, jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan sebab didalamnya terdapat nutrisi yang mampu menyehatkan sel-sel tubuh. Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan struktural pada sel-sel otak untuk fungsi kognitif

5. Istirahat Cukup

Istirahat sangat penting dilakukan pada saat diri merasa stress dan jenuh terhadap pekerjaan. Baiknya, lakukan kegiatan yang mampu menenangkan suasana hati.

Cara mudahnya adalah dengan memejamkan mata selama 10 menit. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Tanpa disadari, ternyata hal ini bekerja baik untuk menyehatkan mental. (trj/may)