Istri Bupati Pasuruan Blusukan ke Ponpes Bagi – bagi Alat Makan

1112

Pasuruan (wartabromo.com) – Untuk mengurangi tingkat penularan virus corona di kalangan santri melalui tempat makan dan minum, K3S (Koordinator Ekonomi Kesejahteraan sosial ) Kabupaten Pasuruan membagikan ratusan piring, gelas, sendok, garpu dan mangkuk higienis.

Ratusan peralatan makan tersebut diserahkan oleh Ketua K3S Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf kepada para pengasuh di 9 pondok pesantren di Kecamatan Gondangwetan dan Wonorejo, Selasa (12/01/2021) pagi.

“Hari ini saya serahkan bantuan peralatan makan untuk santri dan santriwati di 9 pondok pesantren. Penyerahannya dengan prokes yang ketat. Saya pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan dalam keadaan sehat,” kata Lulis , sesaat setelah menyerahkan bantuan ke Ponpes Al Hidayah, Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo.

Baca Juga :   Pemerintah Naikkan BLT DD dari Rp 1,8 Juta Jadi Rp 2,7 Juta

Adapun sembilan ponpes sasaran pemberian bantuan diantaranya Ponpes Al Latifiyah Kejeron, Ponpes Nurul Barokah Podokaton, Ponpes Salafiyah Kalimalang, Ponpes Raudhatul Ulum Tebas di Kecamatan Gondangwetan.

Selanjutnya adalah Ponpes Al Qodiri Areng-areng, Ponpes Al Hidayah Jatigunting, Ponpes Ar Riyadh Banin wal banat Jatigunting, Ponpes Nurul Qodim Taman Sari, dan Ponpes Hidayatul Mubtadiin Sudan, di Kecamatan Wonorejo.

Bantuan peralatan makan tersebut menurut Lulis diharapkan bisa langsung dibagikan, agar para santri yang belum punya sendok, piring, garpu, atau mangkuk sendiri, tidak menggunakan piring santri yang lain.

“Totalnya ada 100 buah per paketnya. Biasanya santri makan minumnya rame-rame atau bergantian. Nah ini bisa sendiri-sendiri, meski saya meyakini santri pasti banyak yang sudah memahami akan pentingnya memiliki peralatan sendiri-sendiri,” terangnya.

Baca Juga :   3 Positif Corona, Pansus DPRD : Pemda Pasuruan Harus Gerak Cepat

Selain membagikan peralatan makan higienis, K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan 240 paket perlengkapan sholat seperti sarung, mukenah dan sajadah. Menurut Lulis, bantuan tersebut akan diserahkan kepada para Takmir masjid di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

“Kalau masjid besar atau masjid agung pasti menjadi pusat ibadah orang-orang. Pasti banyak yang datang. Untuk itu, bantuan perlengkapan sholat ini kami berikan agar bisa dipakai secara bergantian dengan yang sudah ada,” harap istri Bupati Irsyad Yusuf itu.

Di sisi lain, K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan bantuan tempat cuci tangan untuk TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an) dan Panti Asuhan di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. (mil/yog)