Ternyata Inilah Penyebab Ambeien yang Harus Diketahui

1010
Penyebab ambeien

Pasuruan (WartaBromo.com) – Penyakit ambeien memang sering kali menyiksa penderitanya. Selain rasa gatal di daerah anus, penderita akan merasakan rasa sakit yang luar biasa ketika duduk.

Dilansir dari hellosehat.com, ambeien adalah suatu kondisi bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Menurut bahasa kedokteran, kondisi ini sering disebut hemoroid atau wasir.

Dahulu penyebab ambeien sering kali disebut karena terlalu banyak makanan pedas. Padahal hal tersebut sama sekali tidak seutuhnya benar.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengalami ambeien?

1. Mengalami Sambelit Kronis

Sebagian besar orang yang mengalami sambelit pasti akan mengejan agar feses bisa keluar. Upaya mengejan secara paksa tersebut ternyata bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus.

2. Kehamilan

Tanpa disadari, ambeien juga bisa dialami oleh wanita yang sedang hamil. Usia kehamilan yang semakin membesar akan membuat ukuran rahim ikut berkembang sesuai ukuran janin.

Terjadinya tekanan rahim ini akan membuat pembuluh darah yang ada di usus tertekan. Sehingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

3. Duduk Terlalu Lama

Bagi pekerja yang lebih banyak duduk di kursi, sebaiknya berhati-hati. Sebab, kondisi ini bisa menjadi penyebab ambeien. Mengapa bisa?

Pasalnya, pembuluh darah di sekitar anus akan terisi banyak darah. Aliran darah yang konstan akhirnya menekan dinding pembuluh darah dan membuatnya semakin besar.

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Perut Buncit Meski Rajin Olahraga

4. Kurang Asupan Serat

Penyebab utama terjadinya ambeien sebenarnya adalah karena seseorang kekurangan asupan serat. Padahal, serat pangan dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk memudahkan proses pembentukan feses.

5. Kurang Berolahraga

Olahraga memang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, seseorang yang kurang olahraga bisa terkena ambeien karena aliran darahnya tidak lancar.

Kebanyakan orang mengabaikan ambeien yang dialami. Padahal, jika dibiarkan bisa berubah menjadi ambeien kronis yang membuat penderitanya mengalami pendarahan saat BAB. (trj/may)

Baca juga: Bagaimana Berlari Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kita