Sembilan Tahun WartaBromo; Komitmen Bekerja untuk Publik

519

 

Oleh: Asad Asnawi, Direktur Konten WartaBromo

BERANI MELANGKAH. Ya, frasa tersebut kami ambil sebagai tagline ulang tahun WartaBromo kali ini. Kami menilai, tagline tersebut paling cocok di usia kami yang ke-9.

Bagi kami, Berani Melangkah bukan hanya penegasan akan kesiapan langkah-langkah kami ke depan. Tetapi, sekaligus sebagai harapan para bolo warmo (sebutan pembaca WartaBromo) terhadap gerak dan juga laku kami.

Asal tahu, seperti tahun-tahun sebelumnya, tagline tersebut bukan kami yang menciptakan. Semboyan itu kami saring dari usulan ribuan pembaca WartaBromo yang setia.

Memang, melalui rapat kecil yang hanya beberapa menit, kami bisa saja membuat tagline tersebut. Tetapi, kami tidak mau yang seperti itu.

Kendati terkesan membuat kami sedikit repot karena harus menyaring banyak opsi, kami memilih cara itu; menyaring usulan tagline dari pembaca.

Setidaknya, dengan jalan itu, kami bisa mengetahui apa keinginan dan harapan pembaca. Untuk itu, melalui tulisan ini, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pembaca semuanya.

Ya, tepat 27 Januari nanti, WartaBromo memasuki usia yang ke-9. Ibarat bocah, usia 9 tahun merupakan fase ketika ia berusaha untuk lebih berani (lagi) berinteraksi dengan dunia luar. Misalnya saja, masuk bangku sekolah.

Begitulah kami. Yang di ulang tahunnya kali ini, kami dituntut untuk lebih berani melangkah. Berani lebih tajam. Berani lebih lugas. Berani mengemban amanah publik. Berani menyuarakan yang tak bisa bersuara. Dan, yang lebih penting lagi, berani menyuarakan kebenaran.

Tentu, karena kami meyakini, hanya dengan berita dan informasi yang benar publik bisa mengambil keputusan dengan tepat. Apalagi, di tengah derasnya arus informasi yang tak jarang membuat samar antara yang benar dan yang tidak.

Kami patut bersyukur, di tengah banyaknya media digital yang terus bermunculan, kami masih bisa bertahan hingga kini. Tentu, ini tak lepas dari pembaca dan juga para pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Tanpa pembaca dan semuanya, kami bukanlah siapa-siapa.

Yakinlah, sebagai pilar keempat demokrasi, kami tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan itu. Komitmen ini akan senantiasa kami jaga. Karena pada dasarnya, kami bekerja untuk pembaca semuanya.

Kami media independen. Kami tidak terafiliasi dengan organisasi, kelompok, atau golongan manapun. Langkah kami ditentukan oleh seberapa besar kepentingan publik layak dibela.

Kami senantiasa mencari kebenaran, biarpun di tempat yang tak disukai, yang kemudian kami suguhkan dengan bahasa yang renyah dan mudah dipahami.

Senyampang itu, kami akan terus berikhtiar untuk menumbuhkan semangat. Kami percaya jurnalisme yang baik akan mampu mewujudkan tata hidup yang lebih baik.

Terakhir, doakanlah agar ke depan kami bisa lebih baik lagi. Jika tahun lalu kami bisa meraih sejumlah penghargaan, seperti Nominasi Piala Prapanca (2020), Juara Jurnalistik Energi Kementerian ESDM (2020), Fellowship Earth Journalism Networ (EJN) Asia-Pasific, (2020), Google News Emergency Program (2020), Fellowship Ekosistem Riset (2020) dan juga Fellowship Perpajakan (2020), tahun ini bisa lebih berprestasi lagi. (*)