Yey! Alun-alun Lumajang Punya Pohon Beringin Baru

1341

Lumajang (WartaBromo.com) – Bupati dan Wakil Bupati Lumajang menanam pohon beringin baru di Alun-alun Lumajang. Pohon ini sebagai pengganti beringin berusia 141 tahun yang tumbang beberapa waktu lalu.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengatakan jika pohon baru ini merupakan hasil pemberian dari warga Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Lumajang. Beringin disebut telah berusia 5 tahun, berjenis sama dengan pohon yang sebelumnya tumbang.

“Kami berharap roboh dan penanaman kembali beringin ini menjadi catatan sejarah yang bisa diketahui oleh masyarakat,” kata Cak Thoriq, Jumat (22/01/2021).

Secara simbolis, Bupati dan Wabup ikut menanam pohon beringin ini. Pohon diletakkan tepat di tanah tempat beringin yang lama.

Namun demikian, pohon beringin yang lama tetap berada di sekitarnya. Pemkab sengaja tidak mengangkut batang beringin tersebut. Pohon beringin lawas ini bakal dipercantik supaya bisa dinikmati warga Lumajang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pohon beringin berumur 141 tahun yang jadi ikon Alun-alun Lumajang tumbang. Tumbangnya pohon tersebut karena kondisi yang sudah rusak yakni keropos, meski sudah berusaha dirawat dengan baik. (rul/may/ono)