Refleksi 9 Tahun : Sak Madyo!

742

Kami ada karena anda. Bolo warmo!

Oleh : Ary Suprayogi ( CEO wartabromo)

Setiap tanggal 27 Januari sejak tahun 2012 silam, wartabromo bertambah usianya. media online yang lahir sebelum maraknya smartphone ini telah berusia 9 tahun.

Saya tak pernah menyangka jika media yang dibangun dari sebuah niatan untuk berbagi ini akhirnya mampu berdiri dan menyapa pembaca setianya – bolo warmo- sampai saat ini. Meski kami turut sedih, sejumlah perusahaan media bertumbangan karena pandemi.

Warmo lahir dari sebuah kegelisahan tentang banyaknya informasi dan kejadian di daerah. wartabromo berawal dari kepedulian terhadap banyaknya informasi menarik di daerah yang luput dari sorotan media mainstream kala itu.

Memilih membaca media online akan lebih cepat untuk mendapatkan informasi terhangat setiap harinya. Meski jujur, saat itu, kami tahu pembaca masih ragu untuk menjatuhkan pilihan dan menaruh kepercayaan terhadap informasi yang kita sajikan.

Baca Juga :   Nonton Bareng dan Berbagi dengan Anak Yatim Piatu, Ultah ke-8 WartaBromo Penuh Makna

Media online di daerah tetap saja belum mendapatkan dukungan. Alasan regulasi di pemerintahan tentang beriklan di media online belum jalan. Padahal untuk operasional kita juga butuh asupan.

Hingga akhirnya, kami pun memilih menerbitkan edisi media cetak. Bukan untuk menggeser keberadaan media online-nya tapi untuk mempromosikan diri guna menghilangkan keraguan para pembacanya.

Alhasil, Tuhan melalui teknologi mendukung kami. Edisi cetak kami akhiri, seiring smartphone dan android yang menjamur dan kami memilih mengambil posisi bertahan dan bercita – cita jadi pemenang.

Sak madyo!

Itulah falsafah jawa yang disampaikan oleh temen – teman redaksi untuk menggambarkan kesederhanaan mengelola media massa ini agar tetap profesional dan tak terjebak pada keuntungan semata sehingga mengalahkan idealisme dan nilai – nilai fungsi pers di dalamnya

Baca Juga :   Hari ini, Kami Liburan

Wartabromo punya teman – teman jurnalis idealis yang luar biasa yang membantu di awal – awal berdirinya. Demi menyajikan informasi yang bermutu, mereka menjadi koresponden, kontributor, redaktur tanpa memikirkan berapa honor yang ia terima.

Alhamdulillah, teman – teman yang luar biasa itu tetap setia dan menjadi bagian terkuat pondasi media ini. Bukan semata pada perusahaannya tapi kepada jurnalisme dan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa.

wartabromo memang ingin menang di hati pembaca. Tagline 9 tahun ini adalah berani melangkah untuk berpihak kepada fakta dan kebenaran sebuah berita.

Kami ada karena anda. Bolo warmo!