Awas Tertipu Produk Ilegal! Yuk Ketahui Tips Memilih Masker Organik yang Aman

923

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Merawat wajah menggunakan masker kini menjadi kegemaran sendiri bagi setiap orang. Apalagi sejak beredarnya produk masker organik yang marak di pasaran.

Tidak sedikit rumah produksi maupun perusahaan yang membuat masker organik. Alih-alih lebih aman karena tak menggunakan bahan kimia. Oleh sebab itu, tidak heran jika kini orang cenderung memilih menggunakan masker organik.

Namun, meski begitu sebagai konsumen cerdas sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih masker organik. Pasalnya beberapa hari lalu polisi menangkap produsen yang membuat masker organik abal-abal. Waduh, serem ya?

Untuk itu, sebelum menggunakannya ketahui dulu tips memilih masker organik yang aman. Apa saja? Yuk, simak!

1. Cek Nomor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Dinukil dari beberapa sumber, tips paling penting saat memilih masker organik adalah mengecek nomor BPOM. Apabila nomor BPOM yang ada di kemasan benar tertera di akun resmi, maka dapat dipastikan masker organik tersebut aman digunakan.

Pasalnya, sampai detik ini masih banyak ditemukan masker organik abal-abal yang menggunakan nomor BPOM palsu. Apabila dicek, ternyata nomor BPOMnya tidak terdaftar.

2. Tidak Dijual Sembarangan

Masker organik yang memang aman pasti tidak akan dijual secara sembunyi-sembunyi. Artinya, penjual pasti akan leluasa memasarkan produknya.

Berbeda dengan masker yang ilegal alias abal-abal. Kebanyakan penjual pasti akan memasarkan produk secara diam-diam.

3. Pastikan Berlabel MUI

Selain bernomor BPOM, konsumen cerdas juga harus memilih produk makanan maupun kecantikan yang berlabel MUI (Majelis Ulama Indonesia). Hal ini sangat penting karena demi memastikan kandungan dalam produk tersebut tidak dicampur dengan bahan terlarang.

Apalagi di Indonesia sebagian besar penduduknya beragama Muslim. Oleh karena itu, sebaiknya pilih saja masker organik yang sudah pasti berlabel MUI demi menjaga keamanan kesehatan wajah.

4. Lihat Review Produk

Ketika membeli sebuah produk, jangan lupa bahwa melihat review dari produk tersebut sangatlah penting. Hal ini ternyata dapat membantu pembeli lain untuk menilai kualitas dari produk tersebut.

Apalagi masker organik yang saat ini banyak dijual di pasaran. Pastikan review yang diberikan pembeli lain 95% positif. Maka, dengan demikian bisa dipastikan masker organik tersebut aman dan bagus. (trj/may)

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kulit Wajah Ketika Melakukan Perawatan Facial