Jalan Nasional Rusak Gegara Truk Pasir, Cak Thoriq: Tidak Bisa Selesai dalam Waktu Singkat

528
Cak Thoriq saat memantau jalan nasional Pasirian hingga Candipuro.

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Jalan nasional Lumajang – Malang, tepatnya di wilayah Pasirian – Candipuro rusak parah. Bupati Lumajang mengungkap, perbaikan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Warga kembali mengeluhkan kerusakan jalan di jalur truk pasir, Pasirian – Candipuro. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq beberapa hari lalu kemudian turun ke lokasi untuk memastikan kondisi jalan tersebut.

“Ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat, bahkan ditembel ya rusak lagi. Kami pemerintah, rencananya dalam waktu satu tahun ini akan menyelesaikan jalur tambang yang khusus truk pasir,” jelasnya.

Rusaknya ruas jalan nasional itu disebut karena muatan truk pasir yang berlebihan. Sehingga harus ada beberapa pihak yang dilibatkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Salah satu upaya yang sedang diusakan yakni membangun Stock Pile Terpadu. Stock Pile ini berguna untuk mengontrol tambang pasir. Sehingga, truk pasir yang kapasitasnya besar, tidak nyelonong ke jalan Pasirian – Candipuro dan menyebabkan kerusakan.

“Yang harus kami selesaikan dalam waktu dekat ini adalah stock pile terpadu, atau terminal induk pasir yang recanannya akan dibangun di Kecamatan Sumbersuko, begitu itu selesai truk besar tidak akan lewat jalan sini lagi,” tambah Cak Thoriq.

Lebih lanjut Cak Thoriq juga mengungkapkan kerusakan jalan akibat truk pasir. Ruas jalan yang dimaksud yakni di Desa Jarit – Gondoruso.

“Kami sudah siapkan anggaran Rp7 milyar untuk jalan Jarit – Gondoruso, kami bangun jalanya tapi truk tidak lagi boleh lewat situ,” tandasnya. (rul/may/ono)