Aspal Jembatan Kedunglarangan Ambles, Arah Surabaya Dialihkan Via Tol

1079
Aspal jembatan Kedunglarangan, Bangil yang ambles, Rabu (24/2/2021). Foto: Miftahul Ulum.

 

Bangil (WartaBromo.com) – Aspal jembatan Kedunglarangan, Kecamatan Bangil ambles, Rabu (24/2/2021) pagi. Jalan tersebut ambles lantaran dilintasi truk bermuatan berat.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Ipda M Yusuf mengungkapkan, jalan jembatan sebelah selatan tersebut sudah sering mengalami kerusakan. Sebelumnya di sisi timur, kali ini di sisi barat yang ambles.

“Jadi jalannya sudah bergelombang dan sering ditambal, karena dilewati truk bermuatan berat akhirnya ambles,” ungkap Yusuf.

Sementara itu, sehari sebelumnya, ketika Yusuf memantau kondisi jalan memang sudah berlubang. Keesokan paginya, sekitar pukul 05.30, ia mendapat laporan di titik tersebut ambles.

Guna mengantisipasi kerusakan yang lebih parah, kata Yusuf, arus lalin dari arah timur untuk truk dialihkan melalui Jalan Tol Rembang. “Sejak tadi pagi, arus lalu lintas untuk truk kami arahkan melalui Jalan Tol Rembang,” tandasnya.

Sementara itu, PPK 35 Gempol-Probolinggo BBPJN VIII Ida Bagus Yeladi mengungkapkan, penyebab amblesnya jalan akibat rangka besi penyangga sudah berkarat. Ditambah dengan truk bermuatan berat yang melintas.

“Pelat bondeknya sudah berkarat, ditambah dengan dilintasi truk bermuatan berat, sehingga ambles,” kata Yeladi saat dikonfirmasi WartaBromo.

Pihaknya segera menindaklanjuti amblesnya jalan selebar 1 meter ini dengan membongkar aspal jalan terlebih dahulu. Dengan begitu, dapat diketahui masalah utamanya, sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat.

“Masih belum tahu pasti sampai kapan perbaikannya, kami bongkar dulu, nanti diketahui masalah utamanya dimana, sehingga bisa kami tangani dengan tepat,” pungkasnya. (oel/asd)