Korban Longsor di Sawaran Kulon Dijanjikan Relokasi Tempat Tinggal

758

 

Kedungjajang (WartaBromo.com) – Rumah korban longsor di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang akan segera direlokasi. Sebab lokasi sebelumnya disebut kurang aman untuk kembali ditinggali oleh warga.

Korban longsor yang rumahnya rusak parah, saat ini masih tinggal di Balai Desa menunggu keputusan dari Pemerintah untuk relokasi.

“Untuk solusi tempat tinggal yang terkena longsoran, telah di musyawarahkan dan akan ada relokasi ke tempat yang lebih aman,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, usai meninjau lokasi longsoran, Rabu (3/3/2021).

Selain tempat tinggal dan isinya, puluhan warga di Dusun Konkon tersebut juga kehilangan hewan ternak. Semuanya mati karena tertimbun longsoran pada Minggu (28/02/2021) lalu.

“Bantuan segera kami inventarisasi, untuk supaya semua warga yang terdampak longsoran, bisa segera ada tempat tinggal dan bisa kembali berkehidupan seperti semula,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, ada 15 rumah yang rusak berat disapu longsor. Hujan lebat yang mengguyur Lumajang jadi penyebabnya.

Dalam peristiwa longsor yang terjadi pada dini hari itu, tidak ada korban jiwa. Sebab saat mendengar gemuruh sekitar pukul 02.00 WIB warga sudah berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. (rul/may)