Sebelum Berangkat Haji, Ratusan CJH Asal Kota Pasuruan Akan Divaksin Covid-19

2984
Seorang jemaah lansia hendak berangkat tunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. (Foto; dokumen)

Pasuruan (wartabromo.com) – Calon Jemaah (CJH) Haji tahun 2021 asal Kota Pasuruan akan menerima vaksin Covid-19. Penyuntikan vaksin dilakukan sebelum jemaah berangkat ke tanah suci Mekkah.

Kebijakan ini dikeluarkan setelah Pemerintah Arab Saudi memperbolehkan jemaah luar negeri untuk melakukan ibadah haji di 2021. Ada 214 CJH asal Kota Pasuruan yang siap untuk melakukan ibadah haji.

Munif, Plt Kemenag Kota Pasuruan mengatakan, pihaknya sudah mengetahui informasi terkait CJH yang wajib untuk melakukan vaksinasi. Untuk itu, seluruh aturan yang diberikan oleh Menteri Agama akan segera disampaikan kepada jemaah.

“Semua opsi yang diminta oleh Arab Saudi, kami akan mengikuti sesuai arahan Menteri Agama,” tutur Munif, saat dikonfirmasi wartabromo.com.

Sejumlah persiapan terkait vaksinasi Covid-19 kepada CJH akan segera dilakukan. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada jemaah terkait vaksinasi Covid-19 jika persyaratan tersebut adalah wajib.

“Meyakinkan kepada jemaah jika tidak lolos screening harus memahami itu, tidak boleh dipaksakan,” lanjutnya.

Apabila masih ada Jamaah haji yang tidak lolos screening vaksinasi, maka jemaah harus menunda keberangkatan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh Arab Saudi. Namun, hal itu masih menunggu mekanisme yang diberikan oleh pusat. (don/may)