Jangan Tergiur Iklan! Ini Tips Memilih Lampu LED Motor atau Mobil yang Berkualitas

561

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Secara umum, dunia produksi otomotif terbaru sudah meninggalkan lampu pijar berwarna kuning dan beralih ke lampu Light Emitting Diode (LED). Hal ini disebabkan karena lampu LED memiliki watt lebih kecil.

Tak hanya itu, lampu LED untuk mobil maupun motor juga dinilai lebih menawan. Khususnya jika dilihat dari segi tampilan yang mampu memberikan penerangan lebih baik dibanding lampu pijar kuning.

Banyak iklan yang kini menawarkan berbagai merk lampu LED untuk mobil maupun motor. Namun, jangan sampai tergiur, pasalnya saat ini banyak dijual lampu LED otomotif yang mudah rusak dan berumur pendek.

Lantas, bagaimana cara memilihnya? Dinukil dari detik.com, adapun tips memilih lampu LED motor atau mobil berkualitas adalah sebagai berikut:

1. Sinar Bisa Tembus Kabut

Seorang CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), Arief Hidayat mengatakan bahwa lampu LED otomotif yang bagus adalah mampu menembus kabut. Tak hanya itu, kualitas lampu LED terbaik juga bisa dilihat dari segi penerangan yang dipancarkan.

“LED yang bagus rata-rata sinarnya bisa tembus kabut dan cuaca hujan. Tapi kalau pas beli LED carilah yang jangan bikin silau pengendara lain agar tidak membahayakan. Selain itu beli yang 4.300 sampai 5.000 kelvin, kalau ada yang menawarkan lebih dari itu jangan dibeli,” ujarnya saat berada dalam diskusi virtual ‘How To Choose the Quality Automotive Bulbs’ pada (3/7/2020) lalu.

2. Warna Sinar Lampu Tidak Merubah Objek

Apabila sebuah objek tersorot lampu LED mobil atau motor tidak berubah warna, maka dipastikan lampu LED tersebut berkualitas baik. Berbeda dengan lampu LED yang dibeli dengan harga murah, pasti warna objek saat terkena cahaya lampu mengalami perubahan.

3. Rasakan Panas yang Dikeluarkan Oleh Pancaran Lampu LED

Tips berikutnya bisa dirasakan dari tingkat panas yang dikeluarkan oleh pancaran lampu LED. Hal ini disampaikan oleh Direktur CV Sampurna Part Niaga dari Autovision, Lily Hernawan.

Mengapa demikian? Pasalnya, tingkatan suhu lampu LED akan berdampak pada penurunan kinerja lampu. Umumnya, lampu LED yang berkualitas memiliki suhu kurang dari 70 derajat celcius. (trj/may)