Waspadai Bun! Ini Penyebab Anak Suka Mencuri yang Harus Diketahui

558

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pada umumnya, orang tua khususnya para bunda pasti malu jika mendapati sang buah hati telah mencuri milik orang lain. Setelah mengetahui hal tersebut, kebanyakan orang tua pasti memberikan hukuman kepada anak.

Sayangnya, tidak banyak orang tua yang ingin mencari tahu lebih dalam mengenai penyebab anak suka mencuri. Padahal, jika orang tua mengetahui hal tersebut, bisa lebih mudah mengatasinya.

Dinukil dari beberapa sumber, ada 3 penyebab yang menjadikan si kecil suka mencuri. Apa saja? Yuk, simak!

1. Membalas Perbuatan Orang Lain

Anak-anak biasanya sudah mengetahui bahwa mereka tidak seharusnya mengambil sesuatu tanpa membayar atau memintanya. Namun kemungkinan anak-anak tetap melakukan hal tersebut karena tidak cukup bisa mengendalikan diri.

Sekalipun masih kecil bukan berarti anak tak bisa marah atau dendam pada orang lain, khususnya pada orang yang ia rasa telah menyakitinya. Oleh karena itu, jika seorang anak sudah tahu sesuatu miliknya dicuri, maka bisa jadi anak akan membalas perbuatan tersebut.

2. Ingin Punya Sesuatu Seperti Milik Teman-Teman

Ketika sudah sampai di tempat umum seperti sekolah, tak jarang lingkup pertemanan akan memengaruhi seorang anak untuk merasa iri pada orang lain.

Rasa ingin memiliki tersebutlah yang biasanya mendorong anak untuk mengambil sesuatu yang bukan miliki. Belum lagi bila anak merasa takut untuk meminta pada Bunda, maka mereka berpikir mencuri adalah cara yang tepat untuk dilakukan.

3. Anak Merasa Setres

Perilaku mencuri yang dilakukan anak mungkin mencerminkan bahwa sebenarnya anak merasa stres di rumah, sekolah, atau dengan teman-teman.

Atau bahkan, beberapa anak mungkin saja mencuri sebagai teriakan minta tolong karena kekerasan emosional atau fisik yang mereka alami. (trj/may)