Yuk Ketahui Efek Bore Up Motor Matic

1455

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ingin memodifikasi motor matic dengan bore up? Pastikan mengetahui efek samping yang akan terjadi agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bore up pada motor matic sendiri dilakukan untuk membuat peforma motor menjadi lebih oke. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka pengguna harus melakukan modifikasi sedetail mungkin.

Mengapa? Pasalnya hasil akhir dari upaya ini akan menentukan peforma motor matic nantinya. Meski begitu, sebagai pengguna yang cerdas, sebaiknya ketahui efek dari bore up motor matic.

Sebagaimana dinukil dari beberapa sumber, ada 4 efek yang harus diketahui sebelum melakukan modifikasi. Apa saja? Simak, yuk!

1. Motor Cepat Panas

Kinerja seluruh komponen mesin pada motor matic akan dipaksa lebih keras agar dapat menghasilkan tenaga yang dibutuhkan setelah bore up. Kondisi pemaksaan pada kinerja mesin sepeda motor matic tersebut dapat menyebabkan motor cepat panas.

Baca Juga :   Air Radiator Mobil Cepat Kotor dan Berkurang? Ini Sebabnya

Apabila hal ini terjadi, maka akan mempengaruhi kerusakan teknis, seperti sparepart yang mudah rusak. Tak hanya itu, motor hasil bore up cenderung cepat mengotori oli.

2. Hilangnya Garansi Mesin

Efek samping bore up motor matik yang paling sederhana namun sangat merugikan adalah hilangnya garansi mesin yang diberikan oleh distributor merek. Hilangnya garansi ini muncul karena proses bore up motor mengubah komponen bawaan pabrik.

Oleh karena itu, bagi pengguna yang ingin garansi motornya aman, sebaiknya jangan melakukan bore up. Apabila ingin memperbaiki peforma laju motor matic, sebaiknya bawa ke bengkel bersuku cadang resmi.

3. Risiko Kerusakan Lebih Tinggi

Proses bore up pada motor matik dapat menyebabkan bentuk komponen mesin berubah total. Pasalnya, komponen piston akan dipaksa untuk menghasilkan tenaga dan kecepatan yang lebih besar.

Baca Juga :   Trik Cepat Jual Mobil Bekas

Motor matic hasil bore up cenderung lebih cepat turun mesin. Namun, kejadian ini sangat rawan terjadi apabia proses bore up tidak dilakukan dengan benar.

4. Motor Jadi Lebih Boros

Borosnya motor disebabkan oleh kondisi spare part motor yang mudah panas, serta peningkatan kebutuhan bahan bakar akibat meningkatnya perfoma motor. Hal ini terjadi karena filter bahan bakar motor telah dibuka.

Pada umumnya, efek ini kerap terjadi bagi kendaraan bermotor yang sudah dimodifikasi. Apalagi jika modifikasi dilakukan hampir di setiap komponen.

Setelah membaca keempat efek dari hasil bore up motor matic di atas, apakah masih berminat melakukannya? Baiknya, pikirkan baik-baik dan sharing dengan montir khusus motor matic. (trj/may)