Pasutri Wajib Tahu, Ini Cara “Berhubungan” Agar Tidak Hamil

3691

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Meski telah menjadi pasangan suami istri, ada saja keinginan untuk menunda kehamilan. Sayangnya, tak banyak pasutri tahu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan badan.

Sebagian besar pasutri mungkin hanya tahu metode menumpahkan sperma di luar vagina demi mencegah kehamilan. Padahal, hal tersebut mengurangi gairah seksual.

Dinukil dari hellosehat.com, ada beberapa cara berhubungan badan dengan pasangan agar tidak hamil. Wah, bagaimana ya kira-kira? Simak, yuk!

1. Kontrasepsi Patches

Menurut National Health Services (NHS), menggunakan kontrasepsi patches 99% lebih efektif untuk mencegah kehamilan sekalipun berhubungan badan. Alat ini digunakan oleh wanita dan bisa dipasang di punggung, perut, pantat atau lengan atas.

Untuk memaksimalkan penggunaan, sebaiknya gunakan tambalan selama tiga minggu. Pastikan juga memasangnya dengan benar karena alat ini cenderung menyebabkan iritasi kulit.

2. Tidak Melakukan Penetrasi

Cara berhubungan agar tidak hamil selanjutnya yaitu untuk menahan suami agar tidak melakukan penetrasi di dalam vagina. Cara ini dilakukan agar sperma tidak masuk ke dalam vagina, sehingga kemungkinan hamil jauh lebih kecil.

3. Spons Kontrasepsi

Pernah dengar tentang spons kontrasepsi? Alat ini bisa dibeli di toko kesehatan tanpa resep. Benda ini terbuat dari busa poliuretan dan mengandung spermisida.

Bagaimana cara menggunakannya? Caranya, tempatkan spons jauh di dalam vagina untuk menghalangi masuknya sperma ke rahim. Apabila digunakan, maka spons akan efektif 76 hingga 88 persen dalam mencegah kehamilan.

4. Menggunakan Minyak Mimba

Minyak ini tidak kalah efektif digunakan sebagai cara mencegah kehamilan sekalipun berhubungan badan. Penelitian juga menyimpulkan jika minyak mimba bisa digunakan oleh wanita atau pria.

Cara menggunakannya bisa dengan mengoleskannya di Mr. P, atau diminum. Tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa minyak mimba melumpuhkan sel sperma dalam waktu 20 hingga 30 detik.

5. Spermisida

Spermisida adalah bahan kimia berbentuk gel yang menonaktifkan sperma dalam cara berhubungan agar tidak hamil. Spermisida sendiri digunakan dengan bentuk kontrasepsi penghalang, seperti kondom.

Spermisida harus dimasukkan di dekat serviks setidaknya 10 menit sebelum berhubungan seks. Efektif selama 60 menit dan kira-kira 71 persen mencegah kehamilan.

Jadi, kini tidak perlu khawatir lagi jika ingin berhubungan dengan pasangan. Kelima cara di atas bisa dipilih salah satu. (trj/may)