Waspada! Ini Dampak Negatif dan Positif Nonton Film Horor Sendirian bagi Kesehatan

1495

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tak dapat dipungkiri, ternyata film bergenre horor selalu diminati masyarakat. Pasalnya, cerita yang disajikan lebih menarik dan memacu adrenalin.

Kebanyakan orang lebih suka menonton film horor bersama rekan-rekan agar semakin seru. Tetapi, ada juga yang lebih suka menontonnya sendirian di ruangan yang tertutup dan gelap.

Bagi pecinta film horor, kebanyakan menganggap bahwa rasa takut adalah emosi yang menyenangkan. Bahkan, saking senangnya ada yang rela uji nyali dengan cara menontonnya seorang diri.

Padahal, dinukil dari kompas.com, menonton film horor sendirian ada dampak negatif dan positifnya, hlo!

Apa saja? Yuk, simak!

  1. Mengalami Resiko Pengentalan Darah

Beberapa peneliti menemukan bahwa sering menonton film horor dapat membuat darah semakin mengental. Meski demikian, pembekuan darah yang muncul ini diprediksi tidak akan mengarah pada pembentukan gumpalan darah.

  1. Meningkatkan Potensi Pingsan
Baca Juga :   Mimpi Menikah Pertanda Kematian, Mitos Atau Fakta?

Saat sedang merasa takut atau cemas, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin. Jantung kemudian memompa darah semakin banyak ke bagian kaki sebagai persiapan untuk lari.

Sebagai akibatnya, aliran darah ke bagian tubuh atas (khususnya kepala) menjadi berkurang dan mengakibatkan seseorang mudah pingsan.

  1. Terkena Gangguan Tidur

Meski film horor hanyalah cerita yang diciptakan dari imajinasi pembuatnya, anak-anak (khususnya berusia  5 hingga 7 tahun) yang menontonnya akan mempercayai apa yang dilihat dan belum bisa membedakan antara fantasi dan realita.

Tak heran jika ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang yang menonton film horor sebelum usia 14 tahun, mengalami gangguan tidur. Pasalnya, rasa cemas akan terus menghantui.

  1. Membantu Mengatasi Rasa Takut
Baca Juga :   Seram! Ada 3 Hantu di Dunia yang Sering Mengincar Bayi

Selain dampak negatif, menonton film horor sendirian juga mendatangkan dampak positif. Salah satunya, dapat membantu seseorang menghadapi rasa takut terhadap kekerasan yang sebenarnya.

Tak hanya itu, menonton film horor juga dikatakan bisa menjadi salah satu langkah yang membantu seseorang dalam mengendalikan rangsangan untuk bertindak agresif atau kejam.

  1. Membakar Kalori

Sekelompok peneliti dari Universitas Westminster di London menemukan bahwa orang yang menonton film horor sendirian selama 90 menit, dapat membakar hingga 180 kalori. Uniknya, jumlah kalori yang dibakar ini lebih banyak daripada ketika berjalan kaki selama 30 menit.

  1. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Ketika sedang mengalami rasa takut saat menonton film horor, ritme pernapasan dan denyut jantung akan meningkat. Pembuluh darah perifer akan menyempit, sementara pembuluh darah pusat akan melebar.

Baca Juga :   4 Benda Terkutuk di Dunia yang Membuat Bulu Kuduk Spontan Merinding

Pelebaran pembuluh darah pusat akan membawa oksigen dan nutrisi yang berlimpah untuk organ-organ vital. Kadar glukosa dalam darah juga akan bertambah, sehingga menyediakan simpanan energi jika dibutuhkan

Demikian pula dengan kadar kalsium dan sel darah putih yang turut meningkat dalam tubuh. Peningkatan jumlah sel darah putih ini tentu baik untuk sistem kekebalan tubuh. (trj/may)