Pasuruan Targetkan 73.428 Orang Lanjut Usia Dapat Jatah Divaksin

628

Pasuruan (wartabromo.com) – Vaksinasi terhadap lansia (lanjut usia) di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai sekitar 593 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, dari 593 lansia terdiri dari 272 ulama, kiyai, ustadz dan pemangku Pondok Pesantren (Ponpes). Sedangkan 321 orang adalah para calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Secara bertahap, vaksinasi untuk lansia sudah mulai dilakukan. Kalau untuk para alim ulama sudah mulai pertengahan maret lalu. Tapi kalau calon jamaah haji baru seminggu lalu,” kata Syaifudin, di sela-sela kesibukannya, Minggu (04/04/2021) sore.

Seperti diketahui, vaksinasi untuk lansia didahulukan, karena risiko kematian dan kesakitan akibat terinfeksi COVID-19 pada golongan umur tersebut meningkat 20-30%. Oleh karenanya, golongan masyarakat lanjut usia (lansia) dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua.

Menurut Syaifudin, target sasaran lansia yang akan divaksin sebanyak 73.428 orang. Apabila dikalkulasikan, hingga kini cakupan vaksinasi khusus lansia masih sangat rendah, lantaran belum mencapai 1%. Hal itu disebabkan jumlah vaksin yang datang juga dilakukan secara bertahap.

“Begitu vaksin datang langsung kami alokasikan dan siap didistribusikan ke seluruh puskesmas. Tapi memang jumlah vaksin yang diterima, semuanya menjadi kebijakan dari Pemprov Jatim,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syaifudin berharap bahwa jumlah vaksin yang datang akan semakin banyak, sehingga cakupan vaksinasi untuk lansia maupun seluruh lapisan masyarakat bisa semakin besar dan tuntas.

“Mudah-mudahan alokasi kedatangan vaksin juga lebih banyak, sehingga jumlah warga yang akan divaksin juga semakin banyak sampai tuntas di seluruh wilayah se-Kabupaten Pasuruan,” tutupnya. (mil/yog)