Mitos Pesugihan Ayam Cemani Hitam, Ini Ulasannya!

1964

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tak sedikit orang yang nekat melakukan pesugihan untuk mendapatkan kekayaan instan. Ritual dan perjanjian dengan makhluk ghaib pun dijabani demi terlepas dari hidup susah.

Salah satu pesugihan yang tak asing didengar adalah pesugihan ayam cemani hitam. Hewan ini merupakan peranakan dari hasil silang antara ayam hutan hijau dan ayam kampung.

Ayam yang memiliki nama latin “Gallus gallus domesticus” ini memang tergolong unik. Pasalnya, seluruh tubuh mulai dari jengger, lidah, mata, tulang sampai kuku bewarna hitam.

Meski banyak digencar-gencarkan sebagai pesugihan, tidak sedikit orang awam yang masih penasaran mengenai bahasan seputar ayam cemani hitam ini.

Dinukil dari beberapa sumber, berikut ini ulasannya:

1. Dipopulerkan Oleh Ki Ageng Mangkuhan

Konon, seorang sesepuh bernama Ki Ageng Mangkuhan dari kerajaan Majapahit sedang membudidayakan ayam ini. Hal ini dilakukannya karena ayam cemani hitam dianggap manjur sebagai obat daya tahan tubuh.

Selain itu, pada masa tersebut ayam cemani sering digunakan untuk pelengkap ritual. Mulai dari ritual pernikahan hingga upacara adat seperti upacara pembuatan candi.

Kemudian, kisah mengenai ayam cemani hitam ini disebar luaskan secara turun temurun. Sampai akhirnya, ayam cemani memiliki tiga fungsi mistis yang dipercaya sampai detik ini.

Diantaranya widitra, warastratama dan kaikayi. Saking melegendanya kekuatan mistis dari ayam cemani hitam, banyak masyarakat dari Wonosobo, Semarang, Yogyakarta dan sebagian Jatim mencarinya saat musim pernikahan dan khitanan.

2. Harganya Belasan Juta Rupiah

Adanya hal-hal mistis berupa pesugihan yang dikaitkan dengan hewan, tentu saja membuat sebagian orang memutar otak untuk membudidayakannya. Termasuk bagi pembudidaya ayam cemani hitam.

Satu ekor ayam cemani hitam saat ini bisa dihargai sekitar belasan juta rupiah. Pasalnya, tidak mudah membudidayakan ayam cemani, sedangkan tak sedikit pula yang mencarinya untuk pesugihan.

3. Penangkal Ilmu Hitam

Bahasan yang tidak kalah menarik tentang seekor ayam cemani hitam adalah adanya klaim bahwa ayam ini bisa digunakan sebagai penangkal ilmu hitam. Tak heran jika masyarakat awam memeliharanya dengan perlakuan yang spesial.

Kendati demikian, ulasan di atas bisa dipercayai atau bisa juga tidak. Namun, mau bagaimana pun hal-hal mistis yang ada di sekitar kehidupan kita tidak bisa dihindari.

So, apakah bolo warmo punya cerita mistis tentang ayam cemani hitam?