Muhammadiyah: Idul Fitri 1442 Hijriah Jatuh Pada 13 Mei

528

Lumajang (WartaBromo.com) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Berdasarkan metode hisab, Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Ketetapan ini tertuang dalam Surat Edaran PP Muhammadiyah Nomor 04/EDR/I.0/E/2021 Tentang Tuntunan Idul Fitri 1442 H dalam Kondisi Pandemi Covid-19.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah berdasarkan metode hisab yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid telah menetapkan bahwa Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021,” terang Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Senin (10/05/2021).

Selain memberikan pengumuman terkait hal tersebut, Nashir juga meminta warga supaya melaksanakan takbir Idul Fitri di rumah masing-masing, atau di masjid dan musala. Sementara untuk salat Id juga dianjurkan di rumah, apabila lingkungan belum aman dari Covid-19.

“Jika tidak ada warga yang tertular viru corona atau kondisi setempat dipandang aman Covid-19, salat Idul Fitri dapat dilaksanakan di lapangan kecil atau tempat terbuka di sekitar tempat tinggal dalam jumlah jemaah terbatas,” jelasnya.

Namun demikian, pelaksanaannya juga harus mengikuti protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker, menjaga kebersihan tebat ibada, saf berjarak hingga pembatasan jumlah jemaah yang hadir.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) masih akan menggelar sidang Isbat Lebaran 2021 pada Selasa (11/05/2021) petang ini. Sidang isbat ini dilakukan secara daring, dan diikuti oleh perwakilan ormas Islam, ulama hingga pakar astronomi.

Sebelum sidang isbat digelar, maka akan dimulai dengan pemaparan terkait posisi bulan sabit baru atu hilal. Baru kemudian bakal dilakukan sidang secara tertutup, sebelum akhirnya diumumkan oleh Menteri Agama kepada publik. (may/ono)