Kapolda Jatim: 21 Pemudik Positif Covid-19

1412

 

Prigen (WartaBromo.com) – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menyebutkan sebanyak 21 pemudik, positif covid-19 saat terjaring selama masa penyekatan.

Jumlah ini terhitung kecil dibanding dari jumlah pemudik yang dikenakan tes swab antigen secara acak. Di Jawa Timur, sejak awal penyekatan sudah ada 3.197 orang yang dilakukan swab antigen.

“Dari swab antigen acak tersebut, ada 21 yang reaktif dan positif, sehingga dilakukan perawatan,” kata Nico, saat mengecek penerapan prokes di salah satu cafe dan kuliner di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Sabtu (15/5/2021).

Selain itu, kata Nico, total kendaraan yang telah diperiksa selama 9 hari belakangan, sebanyak 219.997 kendaraan. Dengan jumlah kendaraan yang diputar balik mencapai puluhan ribu.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Mulai Berlakukan Denda Bagi Pelanggar Prokes

“Yang sudah diputarbalik ada 43.665 kendaraan,” imbuhnya.

Untuk itu, Nico mengimbau kepada masyarakat yang sudah terlanjur mudik ke kampung halaman, jika ingin kembali ke perantauan, maka harus membawa sejumlah surat.

“Apabila nanti kembali, tetap melengkapi diri dengan surat keterangan bebas covid dan surat tugas dari instansi atau perusahaan tempatnya bekerja, sedangkan untuk pribadi dilengkapi dengan surat RT/RW setempat,” imbaunya.

Selain itu, Kapolda Jatim dalam kunjungannya memastikan penerapan prokes di tempat wisata dan tempat religi. Pasalnya, selama larangan mudik, destinasi wisata menjadi tempat yang diserbu masyarakat.

“Dan juga kami akan melakukan pengecekan arus balik, dari kegiatan tersebut, kami mengimbau agar pengelola wisata dan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (oel/asd)