Stop! Jangan Beri Pertanyaan Ini Saat Lebaran

755

Pasuruan (wartabromo.com) – Bagi beberapa orang, bertemu dengan keluarga besar saat lebaran menjadi hal paling menjengkelkan. Pasalnya, kerabat dan saudara dekat akan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa merusak mood.

Meski sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut dilontarkan hanya untuk basa-basi. Namun, bagi beberapa orang justru bisa membuat sakit hati sebab pertanyaan tersebut lebih bersifat privacy dan tak penting untuk dijawab.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari bertanya tentang pertanyaan yang bisa merusak mood seseorang saat lebaran. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 pertanyaan yang bisa merusak mood saat lebaran dan sebaiknya tak perlu ditanyakan:

1. Kapan Nikah?

Buat sebagian orang, menikah bukan keputusan mudah. Karena banyak hal menjadi pertimbangan, misalnya belum menemukan pasangan yang dirasa pas atau masih ada banyak impian yang ingin dicapai.

Baca Juga :   Bosan Menu Lebaran, Warga Serbu Ikan Asap Probolinggo

Sayangnya tidak semua orang bisa memahami ini, karena biasanya orang hanya menilik usia dan menghubungkannya dengan waktu pernikahan. Padahal menikah tidak mengenal deadline.

2. Kok Gemukan/Kurusan?

Setiap orang jelas memiliki otoritas penuh atas tubuhnya sendiri, mau gemuk atau kurus bukanlah persoalan. Pertanyaan soal keadaan bentuk tubuh tak jarang menimbulkan rasa tak percaya diri.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan menanyakan pertanyaan ini pada saudara atau kerabat saat lebaran. Lebih baik ganti pertanyaan yang bisa menumbuhkan motivasi, seperti “apa rahasia tetap awet muda?”

3. Kerja Apa/Kerja di Mana?

Bertanya soal pekerjaan biasanya dianggap sebagai pertanyaan basa-basi untuk membuka obrolan saat lebaran. Padahal, pertanyaan ini bisa membuat mood seseorang hancur. Mengapa bisa begitu?

Baca Juga :   Menghindari 'Lebar-an' Saat Lebaran

Sebab, bisa jadi orang yang sedang ditanyai tengah berjuang mencari pekerjaan, atau bisa juga merasa tidak percaya diri. Lebih baik tanyakan hal lain tentang rencana masa depan agar lebih memotivasi.

4. Udah Punya Pacar/Calon Belum?

Pertanyaan yang sering kali ditanyakan saat lebaran dan bisa merusak mood adalah “udah punya pacar/calon belum?” Pertanyaan ini memang hanya sekedar basa-basi untuk menghibur atau mencairkan suasana saat berkumpul bersama keluarga.

Namun, bagi beberapa orang justru dapat menimbulkan rasa jengkel tersendiri. Sebab, persoalan pasangan hidup adalah hal privacy yang sudah seharusnya tak.patut dipertanyakan.

5. Sudah Hamil Belum?

Selain pertanyaan “kapan nikah” ternyata “sudah hamil apa belum?” Adalah pertanyaan yang juga bisa menghancurkan mood. Apalagi bagi pasangan yang sudah lama menikah tetapi belum juga diberi momongan. Sudah pasti dapat merusak suasana hati.

Baca Juga :   Waduh! 4 Soal Pengetahuan Umum Ini Paling Susah di Dunia Lho...

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menanyakan hal ini demi menjaga perasaan saudara atau kerabat. Cari pertanyaan lain daripada merusak suasana lebaran. (trj/may)