Tradisi Praonan di Panggungrejo Ditiadakan

994

 

Panggungrejo (WartaBromo.com) – Acara praonan yang rutin digelar tiap tahun di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan ditiadakan. Hal ini karena pandemi Covid-19.

Lurah Panggungrejo, Hermanto mengatakan, praonan merupakan tradisi warga Panggungrejo yang dilaksanakan setiap H+7 lebaran atau hari raya ketupat. Tahun ini pelaksanaannya jatuh pada Kamis (20/05/2021).

Acara praonan ramai dihadiri ratusan hingga ribuan warga. Mereka di antaranya adalah sanak saudara warga Panggungrejo berikut teman-temannya yang berasal baik dari Kota Pasuruan maupun luar kota.

Para warga yang memiliki perahu akan mengajak sanak saudaranya yang datang untuk berlayar dengan perahu ke tengah laut. Biasanya tradisi ini dilakukan sambil melihat binatang hiu tutul yang sering muncul ke permukaan.

Baca Juga :   Juru Kunci Makam: Pintu Diketuk, Besok Ada yang Meninggal

“Namun karena suasana masih pandemi Covid-19, maka acara tersebut ditiadakan dulu,” kata Hermanto.

Rencananya, pada hari raya ketupat nanti gapura masuk ke Kelurahan Panggungrejo akan ditutup. Semua yang bukan warga Panggungrejo, dan dengan kepentingan apapun, tidak diperkenankan masuk.

“Para pemilik perahu untuk tidak beroperasi pada hari tersebut. Apabila melanggar maka akan ditindak dan diberi sanksi sesuai ketentuan,” imbuh Hermanto. (tof/may)