Pengunjung Membludak, Taman Ria Suropati Ditutup Petugas

7284
Kolam renang Suropati yang dipadati ribuan pengunjung, Kamis (20/5/2021). Foto: Istimewa.

 

Gondangwetan (WartaBromo.com) – Petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP menutup pemandian Taman Ria Suropati, Kecamatan Gondang Wetan, Kamis (20/5/2021) siang. Pasalnya, jumlah pengunjung kolam renang ini membludak sehingga menimbulkan kerumunan.

Penutupan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran covid-19. Karena dikhawatirkan akan muncul klaster baru penyebaran covid di kolam renang.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman mengatakan, pihak kepolisian sudah memprediksi membludaknya pengunjung di kolam renang ini sejak hari lebaran. Maka dari itu, pihaknya menempatkan personel polisi di kolam renang.

“Karena satu-satunya tempat wisata di Pasuruan Kota hanya di sini, kemudian di tempat-tempat lain ditutup,” kata Arman di Kolam Renang Taman Ria, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan.

Hal ini diperparah dengan destinasi wisata lain seperti wisata pantai yang biasa dikunjungi wisatawan untuk merayakan lebaran kupat juga ditutup.

“Sehungga kemungkinan besar memang masyarakat beralih ke tempat wisata ini,” terangnya.

Namun demikian, kata Arman, saat kapasitas kolam renang sudah mencapai 50 persen, pihaknya telah menutu pintu masuk guna membatasi pengunjung. Selain itu, pengalihan arus juga dilakukan, sehingga masyarakay sudah tidak diperbolehkan masuk kolam renang.

“Dan yang di dalam berangsur-angsur kami imbau keluar, supaya mengurangi kepadatan yang ada di dalam,” imbuhnya.

Untuk protokol kesehatan sendiri, kata Arman, wajib diterapkan, dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Pihaknya juga memberikan masker bagi pengunjung yang kedapatan tidak membawa masker.

Sebelumnya, petugas juga menutup sementara wisata di Pantai Karanghitam, Kecamatan Lekok. Lantaran masih ada wisatawan dari luar Pasuruan yang memilih berlibur di pantai tersebut.

“Memang kemarin sudah kami sepakati bersama kepala desa setempat, bahwa perayaan praonan atau kupatan, itu tidak boleh dilaksanakan. Namun tadi di Lekok, Karanghitam, banyak warga dari luar Pasuruan yang mencari daerah pantai untuk berwisata,” urainya.

Ketika wisatawan berangsur-angsur memasuki pantai, petugas memerintahkan agar kembali dan menutup pantai. “Saat ini, Pantai Karanghitam, Lekok, sudah bersih dari pengunjung,” tandasnya.

Sementara itu, pengelola Taman Ria Suropati Abdurrakhman menjelaskan, jika membludaknya pengunjung masih di bawah 50 persen dari kuota pengunjung sebanuak 20 ribu.

“Masih di bawah 50 persen kuota, kuotanya 10 ribu, ini masih 4 ribuan pengunjung,” kata Wakil Direktur Taman Ria Suropati Abdurrakhman.

Untuk sementara, Taman Ria Suropati ditutup, sembari menunggu kolam renang kondusif. “Sementara kami tutup, kami lihat ada pengunjung sudah keluar, baru nanti lihat kondisi nanti,” pungkasnya. (oel/asd)