Bongkar Pupuk Cair di Lumajang, 2 Pekerja asal Pasuruan dan Probolinggo Tewas

4114

Tempeh (WartaBromo.com) – Dua orang tewas usai melakukan perbaikan saluran truk tangki penampung pupuk cair. Keduanya diduga tewas setelah terjatuh hingga keracunan di penampung pupuk tersebut.

Diketahui, korban bernama Samsul Lubis (45) warga Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dan Irul (40) warga Desa Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Mereka tewas sekitar pukul 02.00 WIB di dalam tangki penampung pupuk cair, Minggu (23/5/2021).

Keduanya merupakan sopir truk dan pekerja perusahan logistik yang mengantar pupuk cair dari perusahaan pupuk. Saat itu mereka sedang bekerja bongkar muatan pupuk cair ke CV. Hasil Karya, Tempeh, Lumajang.

Kapolsek Tempeh, Iptu Lugito menjelaskan, ada empat pekerja yang melakukan bongkar muatan. Dua pekerja meninggal dunia, sementara dua korban lain yang selamat yaitu Purnomo (40) warga Probolinggo dan Muhammad Untung Sujarwo (40) warga Desa Besuk Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga :   Soal Penjaringan Calon Wali Kota, Farid Misbach: Siapapun Nanti yang Diusung Wajib Menang

Kata Lugito, kejadian tersebut bermula saat Samsul dkk bongkar muat truk tangki. Namun tiba-tiba saluran tangki tersumbat. Samsul kemudian memperbaiki saluran tangki yang tersumbat dengan masuk ke dalam tangki. Naas, Ia tiba-tiba terjatuh.

Melihat hal itu, Irul yang sedang memegangi tangga yang digunakan Samsul berteriak sembari minta tolong. “Irul melihat Samsul terjatuh kemudian, Irul berteriak meminta tolong dan masuk ke dalam tangki,” ujarnya.

Untung dan Purnomo kemudian berusaha untuk menolong. Namun keduanya mengaku kesulitan bernafas dan keluar dari tangki. Sementara itu, Samsul dan Irul diduga keracunan zat di dalam saluran hingga tewas.

Proses evakuasi dilakukan oleh jajaran BPBD Kabupaten Lumajang dan Polsek Tempeh. Kedua korban tewas dibawa ke RSUD Dr. Haryoto Lumajang untuk kemudian dilakukan otopsi. Sedangkan korban selamat saat ini mendapatkan perawatan di tempat yang sama. (rul/may/ono)