Penting! Begini Cara Cek Data Pribadi yang Bocor

1096

Lumajang (WartaBromo.com) – Sebanyak 279 juta data pribadi warga Indonesia diduga bocor. Meski demikian, tak banyak orang sadar bahwa data pribadinya telah disalahgunakan.

Kebocoran data pribadi ini jadi perbindangan hingga hari ini. Sebab, efek yang ditimbulkan sangatlah besar. Di antaranya peretasan atau mengambil alih akun media sosial, hingga bisa untuk skimming yang membuat rekening terkuras habis.

Ada lima situs yang bisa memeriksa apakah data pribadi bolo warmo telah diperjualbelikan di internet. Simak ya!

  1. Periksa Data

Situs periksadata.com ini dibuat oleh Teguh Aprianto, pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia. Situs ini diklaim bisa memeriksa apakah email yang bolo warmo punya pernah diperjualbelikan.

Baca Juga :   Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Agar Terhindar dari Modus Penipuan Digital

Caranya mudah, cukup masukkan email pada kolom yang tersedia. Kemudian klik periksa. Hasil akan muncul setelah menunggu beberapa detik.

  1. Avast

Mungkin bolo warmo akrab dengan Avast yang dikenal memiliki antivirus bagi beberapa platform. Nah, situs keamanan ini juga mengeluarkan website untuk memeriksa data pribadi yang bocor di alamat https://www.avast.com/hackcheck/.

Bolo warmo cukup memasukkan alamat email, lalu klik periksa. Avast kemudian akan mengirimkan berapa kali kebocoran dan email anda telah bocor saat terhubung kemana saja.

  1. Have I Been Pwned?

Sama dengan dua situ di atas, anda juga bisa mengecek kebocoran email https://haveibeenpwned.com/. Namun di situs ini, anda diminta daftar terlebih dahulu, baru bisa melacak kebocoran.

  1. Firefox Monitor
Baca Juga :   Awas! Pesan Sampah Bisa Ambil Data Penting di Handphone

Berikutnya ada alamat https://monitor.firefox.com/. Di situs ini lebih lengkap lagi karena anda bisa melacak kebocoran ke akun secara spesifik. Tinggal cek di navigasi Breaches di sebelah Home ya!

  1. DeHashed

Terakhir situs https://www.dehashed.com/, yang memungkinkan anda memeriksa kebocoran email. Anda juga bisa melihat kata sandi anda di daftar akun mana saja. Namun jika menginginkan fitur lebih lengkap, anda harus berlangganan situs ini.

(may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.