PG Sebaung Terbakar

1786

 

Gending (WartaBromo) – Kebakaran terjadi di kompleks Pabrik Gula (PG) Gending di Desa Sebaung, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo pada Selasa petang, 25 Mei 2021.  Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, meski pabrik alami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Api yang membakar tumpukan limbah kayu itu, diketahui oleh salah satu pekerja pabrik sekitar pukul 16.00 WIB. Ia pun memberi tahu pekerja lainnya untuk memadamkan api yang menyala. Bahan yang mudah terbakar membuat kobaran api kemudian dengan cepat merembet sekitar 8 meter ke arah timur.

Manager Administrasi dan Keuangan (AKU) PG Gending, Bambang Purnomo mengatakan, pihaknya belum memastikan penyebab kebakaran. Limbah kayu itu, rencana digunakan sebagai bahan bakar ketel penggilingan. Didatangkan sekitar 15 hari lalu.

Baca Juga :   Kades Banjarsawah Tolak Rapid Antigen Bagi Warganya hingga Beraksi di Jalur Pantura Probolinggo, 4 Truk ‘Goyang’ Diamankan | Koran Online 16 Jan

“Apakah karena putung rokok atau karena kebakaran kecil seperti sampah yang kemudian merembet itu belum bisa dipastikan. Hanya saja merokok dan membakar sampah di sekitar area limbah kayu ini memang kami larang keras,” kata Bambang.

Untuk pemadaman, Unit Damkar Pemkab Probolinggo mengerahkan 2 mobil damkar sekaligus. Sebab dikhawatirkan api merambat ke pusat pabrik. Dimana banyak tumpukan tebu siap giling yang rentan terbakar.

“Dua mobil kami datangkan, apalagi di TKP (Tempat Kejadian Perkara) tidak sulit mencari sumber air, jadi lumayan mudah. Tapi karena yang terbakar adalah kayu, butuh waktu juga untuk pemadaman total, khawatir merembet saja,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Su’ud.

Baca Juga :   Koran Online 9 Agustus : Begal Sasar Ojek Online hingga Harga Domba Melejit Tinggi Jelang Idul Adha

Pihaknya kata Su’ud juga tidak dapat memastikan penyebab kebakaran di petang hari itu. “Kami juga belum tahu pasti penyebabnya. Selain bukan wewenang kami, penyebab kebakaran juga kebijakan dari pihak gudang yang mestinya menyampaikan,” kaya dia.

Dua mobil Damkar hilir mudik mengangkut air. Api berhasil dikuasai sekitar 1 jam dari kejadian awal. Saat ini, petugas masih di lokasi untuk proses pembasahan, dikhawatirkan timbul percikan api lagi. Kebakaran itu menjadi tontonan warga sekitar. (cho/saw)