Gus Nasih Dilantik Sebagai Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan

741

Pasuruan (wartabromo.com) – Bendahara PCNU Kabupaten Pasuruan, Abdullah Nasih Nasor secara resmi dilantik sebagai Ketua BAZNAS Kabupaten Pasuruan Periode 2021-2026

Pelantikan Gus Nasih, sapaan akrabnya dipimpin langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Jumat (11/06/2021).

Dalam sambutannya, Gus Irsyad mengucapkan selamat kepada para pengurus Baznas Kabupaten Pasuruan yang baru saja dilantik.

Ia berharap agar para pengurus bisa langsung menjalankan tugas dengan baik. Utamanya berperan aktif untuk menjadi panutan bagi gerakan zakat di Kabupaten Pasuruan.

“Saya juga ucapkan terima kasih untuk para pengurus yang lama yang telah berkontribusi selama masa periode kepengurusan. Saya berharap apa yang sudah dilakukan oleh pengurus sebelumnya dan yang baru bisa lebih baik lagi dan bisa menunjukkan bahwa Baznas mampu memberikan layanan terbaik bagi Muzaki dan Mustahik,” katanya.

Menurut Bupati, peran Baznas bersinergi dengan misi Kabupaten Pasuruan dalam melaksanakan pembangunan berbasis keluarga dengan memanfaatkan modal sosial berbasis religiusitas dan budaya.

“Untuk itu, diharapkan Baznas mampu turut serta berperan dalam membangun perekonomian di Kabupaten Pasuruan.
Terutama dalam peningkatan kesejahteraan dan mengurai masalah kemiskinan melalui pengelolaan zakat,” terangnya.

Di hadapan para undangan, Gus Irsyad mengapresiasi kepengurusan Baznas yang lama, di mana meski dalam situasi Pandemi Covid-19, tapi Baznas Kabupaten Pasuruan berhasil mengumpulkan Zakat Fitrah, Infaq dan Shodaqoh tahun ini hingga mencapai lebih dari Rp 360 juta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Pasuruan yang sukses mengumpulkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh pada ramadhan kemarin sampai Rp 360 juta lebih. Ini adalah pencapaian yang maksimal karena kita masih di dalam situasi Pandemo Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Pasuruan yang baru, Gus Nasih Nasor menegaskan bahwa sesuai visi misi Baznas, seluruh pengurus dan anggota Baznas Kabupaten Pasuruan harus amanah dalam menjalankan 3 tugas pokok utama Baznas, yakni pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan.

“Amanah itu susah. Tapi kalau kita niati sungguh-sungguh, Insya Allah bisa. Maka dari itu, kami mohon doanya agar amanah dalam menjalankan mandat sekaligus tugas Baznas Kabupaten Pasuruan dalam mengumpulan, mendistribusikan serta mendayagunakan zakat, infaq dan shodaqoh dari dan untuk masyarakat,” tegasnya. (mil/yog)