Pemkab Lumajang Siapkan 260 Bed, Siaga Lonjakan Covid-19

627
dr Bayu Ignasius Wibowo, Kepala Dinkes Lumajang

 

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang menyiapkan 260 kamar tidur yang tersebar di Rumah Sakit Lumajang. Ini menyusul adanya lonjakan pasien Covid-19 beberapa hari terakhir.

Dokter Bayu Ignasius Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang menyampaikan di Lumajang ada peningkatan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir. Berdasarkan data per 18 Juni 2021, ada 34 warga terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara ada 8 suspek baru yang dalam pengawasan.

“Kita siapkan ruang isolasi seperti tahun yang lalu pas tinggi-tingginya. Ada 260 an tempat tidur yang disiapkan di tujuh rumah sakit,” terangnya.

Sementara pasien yang dirawat di RS saat ini berjumlah 27 orang, atau 27 bed telah digunakan. Sementara 9 pasien melakukan isolasi mandiri.

“Itu sebagian besar dari kluster hajatan. Jadi orang sebagian dari Sumber Urip dan Oro oro Ombo pergi ke Sidoarjo untuk hajatan, pulangnya banyak yang sakit, kemudian dilakukan tes antigen dan PCR, hasilnya sebagian orang positif,” lanjutnya.

Meski demikian sampai saat ini Lumajang masih berada di zona kuning. Artinya risiko penularan rendah. Namun dr Bayu meminta warga tak boleh lengah dengan tetap menjaga protokol Kesehatan ketat. (rul/may/ono)