Klaster Ziarah Wali Limo, 53 Warga Trajeng Dinyatakan Positif Covid-19

1108

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ratusan warga Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, yang termasuk dalam klaster ziarah wali limo menjalani tes swab PCR. Hasilnya, 53 orang dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dalam konferensi pers di Taman Kota Pasuruan, Senin (21/06/2021).

Sebelumnya Satgas Covid-19 Kota Pasuruan telah melakukan tracing terhadap ratusan warga yang termasuk dalam klaster ziarah wali limo. Menurut Gus Ipul, ada 245 orang yang dites swab PCR.

“53 dinyatakan positif. Tujuh di antaranya bergejala ringan, dan sisanya tanpa gejala,” kata Gus Ipul.

Puluhan warga yang dinyatakan positif Covid-19 ini akan dikarantina di sejumlah tempat yang telah disediakan Pemkot Pasuruan di antaranya adalah Kantor Kecamatan Panggungrejo, Kantor Kecamatan Bugul Kidul, dan Kelurahan Purworejo.

Sementara ini, dua kampung di Kelurahan Trajeng yakni RW 1 dan RW 3 dilakukan pengawasan ketat oleh polisi dan tentara. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari hari ke hari di lapangan.

“Kita terus melakukan pengamatan dari kontak erat 53 orang yang positif itu,” imbuh Gus Ipul.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu ratusan warga Kelurahan Trajeng dengan menggunakan dua buah bus, melakukan perjalanan ziarah wali limo.

Sepulang dari ziarah, satu orang meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19. Satgas langsung melakukan tracing dan melakukan tes rapid antigen yang dilanjutkan tes swab PCR terhadap semua rombongan yang ikut dalam perjalanan berikut kontak eratnya. (tof/may)

Simak videonya: