Ini Penyebab Saluran ASI Tersumbat

431

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Setiap ibu pasti ingin memberikan asupan ASI terbaik pada bayinya. Sayangnya, terkadang proses menyusi terhambat karena berbagai kendala, salah satunya saluran ASI yang tersumbat.

Dinukil dari halodoc.com, Dokter laktasi di RS Permata, Depok, dr.Asti Praborini, SpA, IBCLC, menjelaskan, sumbatan pada saluran ASI umumnya terjadi karena payudara tertekan oleh suatu benda dalam durasi yang cukup lama.

Contohnya, karena pemakaian bra atau pakaian yang terlalu ketat. Bisa juga karena pengeluaran ASI kurang maksimal dan tidak melalui tahap pemompaan.

Lantas, apa sih yang menyebabkan ASI tersumbat selain karena penggunaan bra atau pakaian yang ketat?

1. Hisapan Bayi Kurang Optimal

ASI yang tersumbat paling umum disebabkan karena bayi tidak maksimal dalam menghisap ASI. Kenapa bayi tidak optimal? Bisa jadi karena bayi memiliki kelainan anatomi pada mulutnya.

2. Pembengkakan Payudara

ASI dapat menumpuk di payudara dan menyumbat saluran ASI jika Ibu tidak cukup sering menyusui, tidak menyusui, atau menunggu terlalu lama di antara waktu menyusui.

3. Ibu Mengalami Dehidrasi dan Kelelahan

Tak banyak yang peduli jika kelelahan dan dehidrasi bisa menyumbat ASI. Pasalnya, ketika menyusui diperlukan tenaga dan cairan yang mencukupi agar ASI yang keluar mampu memenuhi kebutuhan bayi.

4. Menyapih

Terlalu cepat menyapih bayi bisa menyebabkan pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk. Ini nantinya bisa menyebabkan saluran ASI tersumbat hingga mastitis. (trj/may)