Kabupaten Probolinggo Bertahan di Zona Kuning

1142

Probolinggo (WartaBromo) – Bersama 3 daerah lainnya, Kabupaten Probolinggo bertahan sebagai daerah dengan resiko rendah (zona kuning) penularan Covid 19 di Jatim hingga Senin (21/6/2021). Meski ada 2 kecamatan di wilayahnya yang kategori zona merah tingkat kabupaten.

Berdasarkan data infocovid19.jatimprov.go.id, selain Kabupaten Probolinggo, ada Kabupaten Lumajang, Pamekasan, dan Sumenep yang bertahan di zona kuning.

Sedangkan mayoritas daerah lain masuk dalam resiko sedang (zona orange), termasuk Kota Probolinggo. Bahkan Kabupaten Bangkalan berada dalam resiko tinggi alias zona merah.

Secara nasional, Jatim tercatat sebagai daerah yang mengalami kenaikan signifikan kasus aktif Covid 19. Hal itu berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nasional

Dari sumber yang sama, disebutkan terdapat 719 kasus baru Covid 19 di Jatim. Lima penyumbang terbanyak adalah Bangkalan (88 kasus), Kota Pasuruan (65 kasus), Kota Surabaya (63 kasus), Banyuwangi (45 kasus), dan Bojonegoro (33 kasus).

Sedangkan Kabupaten Lumajang bertambah 11 kasus, Probolinggo 3 kasus, Sumenep 9 kasus, dan Pamekasan 2 kasus. Artinya tambahan kasus harian keempat daerah tersebut tercatat kecil. pada Senin (21/6/2021).

Berikut rangkuman situasi Covid 19 di empat daerah tersebut.

  • Kabupaten Probolinggo


Secara kumulatif terdapat 3.275 warga Kabupaten Probolinggo yang terkonfirmasi positif Covid 19. Dari angka itu, 3.027 pasien dinyatakan sembuh, dan 193 di antaranya meninggal. Kini, pasien aktif di daerah dengan penduduk 1,1 juta jiwa ini tercatat sebanyak 55 kasus. Dengan kondisi seperti itu, tingkat pemulihan (recovery rate) tercatat sebesar 92,43 persen. Sementara tingkat kematian (fatality rate) sebesar 5,89 persen.

Dua kecamatan masuk zona merah, yakni Kecamatan Kraksaan dan Pajarakan, masing-masing 16 kasus aktif. Satu kecamatan di zona oranye yakni Kecamatan Dringu dengan 7 kasus aktif. Ada 8 zona kuning dan 12 zona hijau atau nihil kasus aktif.

  • Kabupaten Lumajang

Secara kumulatif, terdapat 3.146 warga Kabupaten Lumajang yang terkonfirmasi positif Covid 19. Dari angka itu, 2.793 pasien dinyatakan sembuh, dan 273 di antaranya meninggal. Kini, pasien aktif di Lumajang tercatat sebanyak 80 kasus. Tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 88,78 persen, sedangkan tingkat kematian (fatality rate) sebesar 8,68 persen.

  • Kabupaten Sumenep

Secara kumulatif terdapat 1.805 warga Kabupaten Sumenep yang terkonfirmasi positif Covid 19. Dari angka itu, 1.687 pasien dinyatakan sembuh, dan 108 di antaranya meninggal.

Kini, pasien aktif di Sumenep tercatat sebanyak 10 kasus. Kabupaten di ujung timur Pulau Madura itu, mencatat tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 93,46 persen. Sementara tingkat kematian (fatality rate) sebesar 5,98 persen.

  • Kabupaten Pamekasan

Secara kumulatif terdapat 1.225 warga Kabupaten Pamekasan yang terkonfirmasi positif Covid 19. Dari angka itu, 1.081 pasien dinyatakan sembuh, dan 95 di antaranya meninggal. Kini, pasien aktif di Pamekasan tercatat sebanyak 49 kasus. Tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 88,24 persen, sementara tingkat kematian (fatality rate) sebesar 7,76 persen.

Dengan kondisi itu, Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi, berharap mampu dipertahankan. Bahkan, jika memungkinkan bebas Covid-19. Tentunya dengan catatan, masyarakat disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

“Kita pertahankan bersama-sama. Dengan penerapan protokol kesehatan yang baik, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi aktivitas di luar rumah, jikapun keluar rumah diharapkan menghindari kerumunan. Kuncinya pada penerapan protokol kesehatan,” kata Kapolres Probolinggo. (saw/saw)