Hati-Hati! Orang Seperti Inilah yang Berpotensi Terserang Penyakit Jantung Koroner

528

Pasuruan (wartabromo.com) – Penyakit jantung memang merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit inipun bisa menyerang siapa saja, tak perduli usia maupun jenis kelamin.

Penting diketahui, ada banyak jenis penyakit jantung. Seperti aritmia, kardiomiopati, endokarditis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi. Adapun yang paling umum menyerang masyarakat Indonesia adalah jantung koroner.

Lantas, siapa saja yang rawan terkena penyakit jantung konorer?

Dilansir dari detik.com, dr Taufik Pohan SpJp, spesialis jantung RS Pondok Indah, mengatakan, bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner memiliki risiko lebih tinggi.

“Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner memiliki risiko dua kali lipat. Apalagi jika yang bersangkutan adalah laki-laki berusia lanjut,” Terangnya dalam konferensi pers New Advanced Technology DSCT Flash RS Pondok Indah, Jl Metro Duta Pondok Indah, Jakarta, pada Jumat (9/5/2014).

Tak hanya itu, penyakit jantung koroner juga sangat rentan menyerang wanita yang sudah memasuki masa menopause. Bahkan, rentan pula terkena penyakit komplikasi.

“Kalau umur sudah di atas 30 tahun, jangan lupa untuk melakukan deteksi dini, salah satunya lewat CT scan guna melihat apakah ada penyumbatan di pembuluh darah koroner,” tambah dr Taufik.

Lebih lanjut dikatakan pula, penyakit jantung koroner juga sangat rentan menyerang seorang perokok. Persentase kemungkinannya pun jauh lebih tinggi, yakni 2-3 kali lipat.

“Kalau yang merokok sampai 40 batang sehari, risikonya jadi sepuluh kali lipat, makanya mulai sekarang setop merokok,” tegasnya. (trj/may)