Utangmu Numpuk? Ini Cara Cepat Melunasinya

1207

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Punya utang yang menumpuk pasti membuat hidup tidak tenang. Bagi yang memiliki utang pasti merasa resah dan berusaha mencari cara agar utang yang numpuk bisa segera lunas.

Meskipun setiap orang memiliki tujuan yang berbeda untuk berutang, tetap saja jika utang numpuk, kepala pasti terasa mau pecah. Lantas, bagaimana cara cepat melunasi utang yang sudah menumpuk?

Dinukil dari kompas,com, berikut ini caranya!

1. Mulailah Untuk Hidup Hemat

Apabila utang ingin segera lunas, maka kuncinya adalah menjalankan hidup hemat. Coret semua pengeluaran yang masih bisa ditunda atau tidak terlalu mendesak.

Hindari perilaku konsumtif. Hidup hemat dengan memasak makanan di rumah. Stop jajan di luar, seperti belanja pakaian, makan di restoran, beli kopi kekinian, nonton bioskop,dan lain sebagainya yang bikin boros keuangan.

Baca Juga :   Dewan Dorong Pemkab Probolinggo Lengkapi Sertifikat CHSE

2. Susun Daftar Utang

Cara melunasi utang yang pertama adalah dengan menyusun daftar utang terlebih dahulu karena hal ini akan memudahkan menentukan skala prioritas nantinya. Tulis semua utang dengan susunan sesuai yang paling diprioritaskan untuk dilunasi, termasuk besaran suku bunga.

3. Tetapkan Skala Prioritas Pembayaran

Cara melunasi utang berikutnya adalah dengan menetapkan skala prioritas pembayaran. Pastinya, utang dengan jumlah kecil terlebih dahulu.

Setelah itu, lunasilah utang dengan suku bunga paling tinggi. Kemudian, pilih suku bunga yang terbilang rendah. Untuk utang besar, buatlah cicilan dengan bunga stabil.

4. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Jika sedang giat melunasi hutang, sebaiknya jangan membuat utang baru. Terlebih bagi mereka yang gemar belanja dengan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga :   Di Probolinggo, Cabai Tembus Rp70 Ribu Jelang Nataru

Sebaiknya selesaikan dulu utang yang wajib dibayar. Jangan sampai menerapkan pola atau gaya hidup gali lubang tutup lubang untuk menyelesaikan utang.

5. Kaji Aset yang Dimiliki

Jika ternyata utang yang dimiliki sudah melebihi rasio 30 persen, maka bisa mencoba untuk mengkaji aset yang dimiliki. Karena mau tidak mau utang harus tetap dilunasi.

Bisa mencoba untuk menjual beberapa aset yang mungkin bisa digunakan untuk membantu melunasi utang tersebut. Pertimbangkan untuk menjual kendaraan yaitu motor atau mobil, yang mungkin jumlah uangnya cukup besar, dan segera lunasi utang satu per satu. (trj/may)