Capek Ingatkan Warga, Petugas Pasar Kebonagung Ganti Imbau Lelembut Agar Patuh Prokes

3678

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Aksi unik dilakukan petugas Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan. Jika petugas lainnya mengimbau masyarakat agar patuh prokes, petugas Pasar Kebonagung justru mengimbau “lelembut”.

Aksi tersebut terekam dalam dua buah video yang masing-masing berdurasi 29 detik dan 28 detik. Video ini kemudian viral melalui aplikasi WhatsApp.

Pada video pertama tampak suasana malam hari seorang petugas pasar membawa megaphone masuk ke dalam pasar induk. Ia menyuarakan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Padahal saat itu juga, tak ada penjual maupun pembeli atau manusia lainnya di dalam pasar. Ternyata imbauan itu memang sengaja ditujukan kepada lelembut tak kasat mata yang mungkin berada di situ.

Baca Juga :   Dewan Akhirnya Terima Aspirasi GMBI, Setelah 3 Jam Menanti

“Ayo bapak-bapak, ibu-ibu, patuhi dipakai maskernya,” demikian imbauannya dalam video tersebut.

Dikonfirmasi WartaBromo, Ilham, petugas pasar yang ada dalam video itu mengaku, aksi tersebut dilakukan secara spontan setelah melakukan penjagaan di pasar.

Menurutnya, apa yang ia lakukan malam itu adalah semacam bentuk sindiran kepada masyarakat yang selama ini sulit jika diminta mematuhi protokol kesehatan.

Ia bercerita, di Pasar Kebonagung saat ini, diberlakukan penjagaan di pintu masuk pasar. Pengunjung yang tak mengenakan masker disuruh putar balik.

Namun begitu di dalam pasar, lanjut Ilham, masih saja banyak didapati baik penjual maupun pembeli yang abai prokes.

“Saya dan teman-teman lelah sudah imbau tapi tak patuh. Kami kan inginnya penjual dan pembeli patuh agar proses jual beli di pasar lancar dan tak ada klaster pasar. Ya sudah pelampiasannya ke lelembut,” kata Ilham. (tof/may)