Peduli Janda di Kota Pasuruan, Pemkot Siapkan Program Perkasa

1400

Pasuruan (WartaBromo.com) – Janda di Kota Pasuruan mendapat perhatian khusus dari Pemkot Pasuruan. Saat ini pemkot tengah menyiapkan program bernama perkasa.

Plt. Kabid Pemberdayaan Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan, Agus Wibowo menjelaskan, program perkasa merupakan kepanjangan dari perempuan kepala keluarga sejahtera.

Saat ini pihaknya telah menghimpun data jumlah total perempuan kepala keluarga di Kota Pasuruan yakni sebanyak 13.800 orang.

Jumlah tersebut kemudian disaring menjadi perempuan kepala keluarga pra sejahtera dan perempuan kepala keluarga sejahtera 1. Di Kota Pasuruan ada 7.131 perempuan kepala keluarga pra sejahtera dan sejahtera.

“Jumlah itulah yang akan menjadi penerima manfaat dari program ini,” ujar Agus.

Baca Juga :   Tingkatkan Gemar Baca, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Gelar Gernas Baku

Ia menjelaskan, secara garis besar program ini nantinya mengharuskan adanya kolaborasi antar OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan. Para perempuan kepala keluarga itu akan dibagi menjadi dua kelompok yakni produktif dan non produktif.

Perempuan kepala keluarga yang berusia produktif nantinya diberdayakan melalui pelatihan-pelatihan yang nantinya difasilitasi oleh OPD terkait. Sementara perempuan kepala keluarga non produktif akan mendapatkan bantuan seperti RTLH, PKH, dan sejenisnya.

“Ini kami sudah menyiapkan semua, karena selama ini belum ada program yang secara khusus untuk perempuan kepala keluarga,” imbuh Agus. (tof/**)