Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia Beroperasi di Pasuruan

1266

Rembang (wartabromo.com) –  Pabrik daur ulang botol plastik PET (Polyethylene Terephthalate) terbesar dan termutakhir di Indonesia ini berada di Kompleks Industrial Estate Rembang (PIER), Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Pabrik yang dibangun sejak awal maret 2019 itu berdiri di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi.

Berdasarkan data yang didapatkan, pabrik itu memiliki kapasitas produksi 25.000 ton/tahun recycled PET (rPET) yang telah memenuhi standar keamanan pangan (foodgrade) dan sertifikasi halal.

Berdirinya pabrik ini merupakan komitmen dari PT. Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) yang bekerja sama dengan PT. Tirta Investama (Danone-Aqua) dalam rangka turut serta mendukung pengelolaan dan pengurangan sampah plastik di Indonesia.

“Kami percaya bahwa dengan adanya investasi pabrik daur ulang botol plastik PET PT. Veolia Services Indonesia dengan kapasitas produksi 25.000 ton/tahun ini dapat memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular serta dapat meningkatkan tingkat pengumpulan sampah plastik di Indonesia, ” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian yang hadir dalam peresmian pabrik secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Veolia Indonesia merupakan perusahaan lokal bagian dari Grup Veolia yang berbasis di Perancis. Memiliki pengalaman panjang serta keahlian kuat dalam daur ulang dan pemrosesan plastik, Grup Veolia memiliki aspirasi menjadi perusahaan benchmark untuk transformasi ekologi.

Pabrik Daur Ulang Limbah Plastik ini diharapkan mampu mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025 serta menjadikan Indonesia yang lebih bersih. (yog/yog)