Belasan Warga Tertipu Lowongan Kerja di Puskesmas Jati

1612

Mayangan (WartaBromo) – Belasan warga Kota Probolinggo tertipu iklan lowongan kerja di Puskesmas Jati, Kecamatan Mayangan. Para korban mengaku membayar sejumlah uang kepada pelaku.

Sejumlah warga tampak mendatangi Puskesmas Jati di Jalan Hayam Wuruk No.2B, Kelurahan Jati, pada Kamis, 1 Juli 2021. Kepada petugas, mereka mengaku sebagai warga yang melamar pekerjaan. Mendaftar lewat nomor orang bernama Ika, CP (Contact Person), sesuai iklan lowongan kerja di media sosial.

“Awalnya dari akun Instagram media sosial postingan @ikaratnasati253 di @infolokerprobolinggo, disitu nge-share lowongan pekerjaan di Puskesmas Jati, jadi saya DM an,” kata Maulana Haidir, seorang pria asal Kelurahan / Kecamatan Mayangan, ketika ditanya terkait kedatangannya ke Puskesmas Jati.

Baca Juga :   Duet Wasik-Syihab Pimpin NU Kraksaan

Dengan berkomunikasi lewat akun Instagram yang dilanjutkan di WhatsApp, calon pekerja diminta untuk membayar uang sebesar Rp 50 ribu. “Setelah ngechat di WhatsApp saya di suruh bayar biaya administrasi kesehatan sebesar Rp 50 ribu,” kata lelali yang biasa dipanggil Alan tersebut.

Namun, alangkah kecelenya mereka ketika mendengar keterangan petugas. Karena fasilitas kesehatan (faskes) milik pemerintah itu, tak pernah membuka lowongan kerja. Mereka dipastikan menjadi korban penipuan.

“Yang menghubungi atau berkomunikasi dengan para korban, adalah orang yang mengaku bernama Ika dan Khoirul Anam. Di Puskesmas ini, tidak ada data karyawan atas nama tersebut,” kata Plt. Kepala Puskesmas Jati, Indah Ayu Lestari.

Baca Juga :   8 Terdakwa Pembakaran Maling di Tlogosari Divonis 3 Tahun Penjara

Pihaknya, kata Indah, akan melaporkan ke pihak berwajib atas penyalahgunaan informasi yang merugikan pihaknya.

“Ini menyangkut nama baik dan kami sangat dirugikan, untuk itu akan kami laporkan,” tukasnya.

Merespon cepat adanya aduan dari belasan orang, tim kreatif Puskesmas Jati langsung menghubungi pemilik akun @infolokerprobolinggo. Memberitahu bahwa yang diunggah tidak benar alias hoaks.

“Dari beberapa hari kemarin ada banyak orang berdatangan mengaku telah mendaftar sebagai staf disini, pelaku bilang membutuhkan tenaga vaksin dan staf puskesmas,” ujar Ratih Damayanti, staf tim kreatif.

Pemilik akun @infolokerprobolinggo akhirnya membalas Puskesmas Jati. Selain mengklarifikasi info itu, pemilik akun juga datang ke Puskesmas.

“Tadi malam kesini dan sudah kami klarifikasi bahwa informasi tersebut adalah hoaks,” kata Ratih. (lai/saw)