Beredar Pesan Hirup Uap Air Panas Bisa Bunuh Covid-19, Benarkah?

8085

Lumajang (WartaBromo.com) – Beredar pesan berantai terkait pengobatan Covid-19 dengan menghirup uap panas dari hidung dan mulut. Bahkan pesan ini mengatasnamakan Satgas Covid-19.

Baru-baru ini kembali beredar pesan berantai terkait berbagai macam pengobatan Covid 19.

Pesan ini dibagikan via grup chat Whatsapp. Berikut isi pesan tersebut:

Tangkapan layar pesan berantai di Whatsapp.

Lalu, benarkah uap air panas dapat menghilangkan virus Covid-19?

Mengutip dari situs Satgas Covid-19, Eka Ginanjar, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengatakan, menghirup uap air tidak dapat menghilangkan Covid-19. Sampai saat inipun, tidak ada penelitian terkait hal tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk menghirup eucalyptus oil atau minyak kayu putih. Dr dr Inggris Tania, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) mengungkap, minyak kayu putih memang memiliki zat yang bersifat anti virus, anti bakteri hingga jamur. Namun, tak serta merta dapat mematikan virus Covid-19.

Baca Juga :   Warga Tak Patuh PPKM, Transfer Dana Desa Ditunda

“Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus betacorona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2,” tegasnya.

Sejauh ini, belum ada penelitian kesehatan yang bisa membuktikan efektivitas minyak kayu putih untuk mengobati Covid-19. Untuk itu bisa dipastikan, pesan berantai ini menyesatkan.

Sekadar diketahui, pesan ini sudah beredar sejak Januari 2021 lalu. Kemudian beredar kembali pada bulan Februari, dan terakhir Juli 2021 saat kasus Covid-19 tinggi. (may/ono)