Jembatan Gantung di Atas Aliran Lahar Semeru Ditarget Rampung Agustus

1990

 

Candipuro (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang membangun jembatan di atas aliran lahar Semeru di Kecamatan Candipuro. Jembatan yang diklaim terpanjang di Indonesia ini ditarget selesai Agustus mendatang.

Jembatan gantung Kaliregoyo ini menghubungkan dua RT di Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Pembangunan jembatan sudah dilakukan sejak November tahun lalu.

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengatakan, jembatan yang dibangun dengan anggaran Rp9 Milyar lebih dari anggaran APBN ditargetkan akan selesai pada akhir bulan Agustus 2021. Target ini molor dari perkiraan awal yang bisa digunakan pada awal tahun 2021.

“Dan, Insyaallah akhir bulan depan sudah selesai dan sudah bisa digunakan,” katanya, Senin (5 Juli 2021).

Baca Juga :   PPKM Diperpanjang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang Kategori Apa?

Jembatan yang dibangun di atas aliran lahar Semeru ini memiliki lebar 3 meter. “Jembatan ini akan menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia dengan panjang 198 meter,” imbuhnya.

Jembatan Kaliregoyo sengaja dibangun untuk menjawab kerasahan masyarakat Kalibondeli Selatan yang setiap hari harus menyeberang sungai saat melakukan aktivitas. Begitupun anak-anak sekolah yang terpaksa harus melalui sungai bondeli demi mengenyam pendidikan.

“Apalagi kalau ada yang sakit atau mau melahirkan, tentu tidak bisa segera dapat ditangani dengan cepat,” lanjut Cak Thoriq.

Dirinya berharap nantinya pembangunan Jembatan Gantung Kaliregoyo dapat selesai tepat waktu. Sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat sekitar. (rul/may/ono)