Pemkot Pasuruan Sasar PKL untuk Vaksinasi

471
Suasana pertemuan antara Pemkot Pasuruan dengan kalangan PKl. Foto: Istimewa.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan melaksanakan sosialisasi PPKM Darurat lanjutan kepada pelaku usaha di Pendopo Surga-Surgi, Kota Pasuruan, Selasa (20/07/2021). Dalam pertemuan ini, di antara yang diusulkan pedagang ialah bantuan dari pemkot.

Salah satu PKL, Rani mengatakan bahwa pedagang juga termasuk kelompok yang rentan terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya setiap hari mereka bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

PKL yang biasa berjualan di Jalan Sultan Agung itu juga menyebut bahwa sudah ada temannya sesama PKL yang terpapar Covid-19 dan meninggal dunia. Untuk itu, ia dan beberapa PKL lainnya berharap ada bantuan vitamin dari pemkot.

“Karena teman-teman ini kan nggak mungkin beli vitamin. Sekarang buat makan aja susah, Mas. Sementara setiap hari harus terus berjualan,” ujarnya.

Selain itu, beberapa PKL lainnya juga mengeluhkan soal pemadaman PJU. Selama ini, meski jalanan gelap, mereka tetap berjualan. Mereka berharap pemkot mengundur pemadaman.

“Kalau sekarang kan jam 18.00 WIB sudah dimatikan. Harapan kami kalau bisa dimundurkan sedikit, jam 19.00 atau jam 20.00,” ujar PKL lainnya, Ida.

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menanggapi, vitamin dari pemkot selama ini masih diprioritaskan untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri.

“Vitamin untuk PKL masih belum ada. Yang ada selama ini untuk pasien isoman. Tapi vaksin untuk PKL insyaallah kami prioritaskan,” kata Gus Ipul.

Selain itu, lanjut Gus Ipul, rencananya pemkot juga akan menyalurkan bantuan untuk pelaku ekonomi di Kota Pasuruan yang bersumber dari APBD. Besaran bantuan yang bakal diterima yakni Rp200 ribu per bulan. (tof/asd)