Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

488

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Salah satu yang menjadi sumber protein hewani adalah daging kambing. Meski dikatakan rawan memicu kolesterol, ternyata daging kambing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang jarak diketahui orang.

Penting diketahui, dilansir dari kompas.com, ternyata daging kambing justru memiliki kandungan lemak dan kolesterol lebih rendah daripada daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein.

Kandungan lemak dalam daging kambing pun hanya mencapai dua gram saja. Nah, lantas apa saja manfaat daging kambing bagi kesehatan?

1. Mencegah Kanker

Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2. Anti Inflamasi

Tahukah, Bolo? Ternyata daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, apabila mengonsumsinya, maka bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3. Membakar Lemak

Siapa bilang makan daging kambing bisa menyebabkan tubuh obesitas karena kelebihan lemak? Jangan salah, mengkonsumsi daging kambing yang diolah dengan benar dan sesuai dengan takaran, justru bisa membakar lemak di tubuh.

Pasalnya, daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

4. Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir. (trj/may)