Terimbas Kebijakan PPKM, Rumah Potong Hewan Kian Ramai

395
Kesibukan di rumah potong hewan Kota Pasuruan, Rabu (21/7/2021). Foto: Amal Taufik.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah mengimbau kepada warga yang ingin berkurban agar disembelih di rumah potong hewan (RPH). Di Kota Pasuruan, pada momen Idul Adha tahun ini, RPH menyembelih puluhan sapi dan kambing.

Kepala UPT RPH Kota Pasuruan, Nemu Hermawan mengatakan, penyembelihan hewan kurban dimulai pada hari ini, Rabu (21/07/2021) pagi sampai siang. Sudah ada puluhan sapi dan kambing yang masuk.

Semua kambing dan sapi yang masuk ke dalam RPH lebih dulu dicek kesehatan mulai kondisi fisik, berat badan, hingga apakah hewan memiliki penyakit atau tidak.

“Sudah dicek kemarin malam dan sebelumnya. Semua sehat,” kata Nemu.

Hingga hari ini, ada 31 ekor sapi dan 38 kambing kurban yang masuk dan sembelih di RPH. Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun 2020 yakni sebanyak 58 sapi dan 79 kambing kurban.

“Tapi jumlah itu dinamis, Mas. Dan mungkin juga akan bertambah,” ujar Nemu.

Menurut Nemu, momen Idul Adha di masa pandemi di dua tahun terakhir memang banyak warga yang memilih menyembelih hewan kurban di RPH. Selain karena faktor mencegah kerumunan, di RPH bisa mengelola limbah hasil sembelihan hewan kurban.

“Di sini dagingnya lebih bisa dikontrol. Misalnya diperkirakan dapat daging 1 ton itu bisa pas. Retribusinya juga murah kok di sini. Cuma Rp25 ribu,” imbuh Nemu. (tof/asd)